Pandemi Corona, Masyarakat Harus Terus Mentaati Protokol Kesehatan Dan Berpola Hidup Sehat

0
154
Suasana Kegiatan yang digelar Kodim 1709/ Yawa

Penulis : Herman Betta

Paraparatv.id | Serui | Dandim 1709/YAWA (Yapen Waropen) Letkol Inf. Leon, mengajak masyarakat Yapen untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjalankan pola hidup sehat.

“Dengan adanya kasus Covid-19 sekarang ini, masyarakat mempunyai pola pikir bahwa sepenuhnya adalah tanggung jawab pemerintah daerah, seperti melaksanakan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker) akan tetapi hal ini belum cukup karena ini masih minimal dan harus dilakukan  secara maksimal  yaitu kesadaran kita sendiri untuk meningkatkan imun tubuh,”kata Dandim 1709/Yawa, Letkol Inf. Leon, usai menggelar komunikasi sosial cegah radikalisme, separatis, Jumat, 9 Oktober 2020.

Lanjut Dandim, kegiatan yang awali dengan berolaharaga ini, di hadiri tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, FKUB, ketua Komisi 1 DPRD Yapen dan para undangan, berharap agar mereka bisa menjadi penyambung suara kepada masyarakat saat masa pandemi corona ini harus melakukan pola hidup sehat dan salah satunya adalah berolahraga baik pagi hari maupun sore hari.

Karena penanganan covid 19 tidak saja menjadi tanggung jawab pemerintah dan satuan tugas covid 19, tetapi menjadi tanggung jawab bersama.

“Banyak di media sosial, sudah cenderung menyalahkan orang, dalam hal ini menyalahkan pemerintah dan tim satgas gugus covid-19 dalam penanganan corona khususnya di Yapen,” tandas Dandim

Selain itu, penerapan protokol kesehatan kata dandim, masih jauh dari yang diharapkan, dan masih banyak mmasyarakat yang belum mematuhi protokol kesehatan, sehingga angka pasien corona di Yapen terus memuncak.

“Kalau belum adanya kesadaran masyarakat untuk melaksanakan edaran-edaran protokol kesehatan dari pemerintah, walaupun ada satgas, maka akan terus meningkat angka corona di Yapen,” Tambah Dandim.

Dirinya berharap, apa yang di sampaikan harus adanya kesadaran masyarakat   bersama-sama pemerintah  guna pencegahan penyebaran Covid-19, jangan saling menyalahkan yang nantinya akan timbul berbagai stakmen lain,

“Manfaatkan waktu pagi sebelum melakukan aktifitas pekerjaan bisa berolahraga di bawah sinar mata hari dari jam 8 pagi hingga jam 10 pagi, dan sore hari untuk pekerjaan sendiri,” tegas Leon.

Sementara itu, Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Kariawan Barus katakan, situasi sekarang ini ( Covid-19 ) harus waspada, harus menjaga khususnya kesehatan walaupun isu isu tentang Covid ini masih pro dan kontra, tetapi sudah melihat sendiri di daerah Yapen ini sudah ada korban dari penyebaran Covid ini, maka dari itu kita tetap harus menjaga dan waspada.

“Apabila diantara kita ada yang sudah mengalami gejala seperti kehilangan indera penciuman dan indera perasa pada diri kita, agar segera berobat atau berkonsultasi dan tidak perlu takut, jangan ditunggu sampai parah, karena itu akan menjadi bumerang bagi diri kita dan orang lain, mari kita bersama-sama mengikuti protokol kesehatan Covid-19,” singkatnya.

Menanggapi kegiatan ini, Ketua Klasis Yapen Selatan Pdt. Resmi Birahi  melihat kegiatan ini merupakan hal yang positif, dikala dihadapkan dengan Covid-19, dan bila perlu dapat melakukan olahraga setiap hari sebelum malakukan aktifitas rutin.

“Kami dari sisi keagamaan, mengharapkan agar kegiatan seperti ini jangan hanya dilakukan oleh Kodim saja, akan tetapi semua baik instansi lain maupun masyarakat harus dapat lakukan olahraga sebagai rutinitas dan juga harus bersama-sama mendukung program pemerintah, program keamanan baik Kamtibmas maupun ketahanan nasional di Kabuparen Kepulauan Yapen ini,”harapnya.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here