Masyarakat Distrik Egiam Kabupaten Tolikara Terima BLT Dana Desa

0
127
Kepala Distrik Egiam Kabupaten Tolikara Papua Yumi Toli Boy Wanimbo,S.Sos didampingi Pendamping Distrik sedang memberikan arahan sebelum penyerahan dana Kampung/Desa di kampung/Desa Murni, Rabu, 7 Oktober 2020.

Penulis : Redaksi / Diskominfo Tolikara

Paraparatv.id | Tolikara | Kepala Distrik Egiam Kabupaten Tolikara Papua Yumi Toli Boy Wanimbo,S.Sos bersama pendamping Distrik Egiam menyalurkan dana Kampung/Desa  di pusatkan di salah satu Kampung Murni berbatasan langsung dengan Distrik Panaga dekat dengan Karubaga ibukota Tolikara degan Egiam dan Tayeve/Warri. Sekitar 10 Kepala Kampung didampingi pendamping Kampung menerima Dana Desa itu di Kampung Murni, Rabu, 07 Oktober 2020

Kepala Distrik Egiam Yumi Toli boy Wanimbo,S. Sos memberikan apresiasi tinggi kepada Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo,SE,M.Si dan Wakil Bupati Dinus Wanimbo,SH,M.H telah menyalurkan Dana Kampung pasca Covid-19. Bantuan Dana Kampung ini tentu meringankan kesulitan warga memenuhi kebutuhan keluarga pasca Lock Down covid-19.

“Pasca lock down covid-19 warga Distrik mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan dalam keluarga. Namun dengan bantuan dana Kampung ini tentu bisa menjawab kesulitan warga,” Ujar Kepala Distrik Yumi Toli Boy Wanimbo.

Kepala Distrik Yumi Wanimbo berharap kepada Aparat Kampung bersama pendamping Distrik dan Kampung usai terima dana ini,langsung turun di Kampung masing-masing,untuk mengerjakan kegiatan sesuai usulan program masyarakat setempat.

“Pasca covid-19 warga di kampung kesulitan memenuhi ketubuhan. Karenanya bantuan langsung tunai BLT harus diberikan masing-masing Kepala Keluarga untuk meringankan pemenuhan kebutuhan dalam keluarga,selain mengerjakan kegiatan sesuai usulan warga,” Tegas Kepala Distrik Yumi Toli Boy.

Dikatakannya untuk penyaluran tahap dua, ditargetkan bisa dicairkan tepat waktu pada bulan Oktober minggu ke empat. Karena itu Kepala Distrik Yumi Wanimbo berharap para pendamping mendampingi aparat Desa untuk menyelesaikan program Kampung dengan cepat. Karena pencairan berikutnya bisa proses apabila Laporan pertanggungjawaban Penggunaan anggaran masing – masing Kampung diterima Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung PMK Tolikara di Karubag.

“Pendamping Distrik dan Kampung tidak boleh santai,harus fokus selesaikan kegiatan sesuai program warga kampung,” Harapnya.

Menurut Kepala Distrik Yumi Wanimbo peranan dan fungsi para Pendamping Distrik bersama Pendamping Kampung diantaranya peningkatkan kapasitas, efektifitas dan akuntabilitas pemerintahan Kampung dan pembangunan Kampung. Selain itu ada peningkataan prakarsa, kesadaran, dan partisipasi   masyarakat Kampung dalam pembangunan Kampung yang partisipatif.

“Saya kira pendamping sudah berpengalaman mendampingi Kampung,jadi mental sudah terbentuk. Diharapkan menjadi pionir kemajuan Kampung,”pintanya.

Ditegaskannya pengelolaan dana Kampung harus transparan,dan Jelas,semua dikelola sesuai kebutuhan Kampung. Program Penyerahan dana Kampung ini bertujuan menanggulangi kemiskinan terutama yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan. Meningkatkan kapasitas masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok, dalam memecahkan berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraannya.

“Saya harap program Kampung yang diprogram adalah benar – benar menjawab kebutuhan masyarakat Kampung. Mereka yang usulkan program dan mereka pula yang mengerjakannya,dari mereka untuk mereka”. Pungkas Kepala Distrik Yumi Wanimbo.

Karena itu Kepala Distrik Egiam Yumi Wanimbo berharap para pendamping Distrik dan Kampung mengajak masyarakat  meningkatkan partisipasi seluruh masyarakat, termasuk masyarakat miskin, kelompok perempuan, komunitas adat terpencil dan kelompok masyarakat lainnya yang rentan dan sering terpinggirkan ke dalam proses pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan.

Hal senada juga di ungkapkan oleh Kepala kampung egiam Yamiles Kiwo mewakili seluruh masyarakat egiam menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tolikara yang sudah memberikan bantuan berupa dana Kampung. Apalagi ditengah-tengah situasi pandemik covid-19 ini. Tentunya dengan bantuan dana kampung ini masyarakat bisa mencukupi sembilan bahan pokok (Sembako).**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here