Meriahkan HUT RI Ke-75, Komunitas Otomotif Jayapura Kunjungi Situs Bersejarah

0
195
Salah Satu Situs Tugu Pepera yang dikunjungi Komunitas Otomotif Jayapura, Sabtu 15 Agustus 2020.

Laporan : Liza

Jayapura | Paraparatv.id | Puluhan pemuda pecinta otomotif mengikuti kegiatan Napak Tilas Kemerdekaan di Jayapura yang diselenggarakan oleh scooterist Jayapura dalam rangka memeriahkan HUT ke 75 Republik Indonesia, Sabtu, 15 Agustus 2020.

Kegiatan yang diselenggarakan itu, para peserta akan mengunjungi beberapa titik lokasi situs bersejarah yang ada di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura diantaranya Taman Imbi Kota Jayapura, Tugu Pepera, Tugu Tank Komplek AL Hamadi, ziarah Taman Makam Pahlawan (TMP), ziarah makam Marthen Indey dan mengunjungi Tugu MacArthur Rindam.

Salah Satu Situs Tugu Yosudarso yang dikunjungi Komunitas Otomotif Jayapura, Sabtu 15 Agustus 2020.

Irham Wida Perwira, selaku koordinator kegiatan menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan jiwa patriot dalam diri para pemuda dengan mengunjungi situs-situs peninggalan sejarah dan belajar bersama.

“Kami melihat para peserta yang sebagian besar merupakan anak-anak muda sangat antusias mengikuti kegiatan ini, bahkan mereka paham dengan situs-situs peninggalan sejarah yang kita kunjungi,” kata Irham.

Irham mengatakan, rangkaian kegiatan Napak Tilas Kemerdekaan ini tak hanya sekedar mengunjungi situs bersejarah saja, tetapi juga ada kegiatan bersih-bersih sampah plastik di sekitar lokasi.

Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Trikora yang dikunjungi Komunitas Otomotif Jayapura, Sabtu 15 Agustus 2020.

“Kita lakukan pembersihan, di setiap pemberhentian kami selalu ingatkan untuk tidak membuang sampah sembarang bahkan kita sengaja membawa trash bag untuk mengangkat sampah plastik yang berserakan di sekitar lokasi,” ujarnya.

Irham menuturkan, semua peserta dalam kegiatan diwajibkan mengikuti protokol keselamatan Covid-19 dengan mengenakan masker, membawa hand sanitizer dan membawa botol minum masing-masing.

Sayangnya rangkaian perjalanan Napak Tilas Kemerdekaan ini harus terhenti usai melakukan penghormatan kepada arwah para pahlawan di TMP, sebab dalam waktu yang bersamaan terjadi aksi demonstrasi yang tidak memungkinkan perjalanan dilanjutkan.

“Kebetulan ada aksi demo dihari yang sama, jadi kami tidak sempat mengunjungi makam Marthen Indey dan Tugu MacArthur yang ada di Kabupaten Jayapura,” paparnya.

Aksi bersih-bersih disitus peninggalan Tank Tempur perang dunia II di Pantai Hamadi

Irham menyampaikan, kedepan tim nya akan berupaya membuat kegiatan yang lebih baik lagi dengan mengunjungi situs bersejarah dan memanfaatkan momen-momen yang sudah ditetapkan dalam kalender nasional.

Ryan salah satu peserta kegiatan Napak Tilas Kemerdekaan mengungkapkan dirinya sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut sebab bisa belajar tentang situs bersejarah dan melihat langsung dari dekat.

“Selama ini kita hanya lewat saja dan sekedar tahu ada tugu tapi tidak pernah masuk kedalam, dengan kegiatan ini saya akhirnya bisa tahu, ini juga pertama kalinya saya masuk ke TMP dan memberikan penghormatan secara langsung kepada para pahlawan,” tuturnya.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here