Bantuan Bama Gubernur Papua Barat Masih Terus Dipertanyakan Warga

0
62
Sanusi Rahaningmas

Laporan : Taufan Yusuf

Paraparatv.id | Sorong | Warga kota Sorong mempertanyakan paket bahan makanan (bama) bantuan Gubernur Provinsi Papua yang ditujukan kepada warga kota sorong terdampak covid 19.

Aspirasi warga kota sorong yang disampaikan kepada anggota DPRD Papua Barat, Surung Sibarani untuk diteruskan kepada pemerintah Provinsi Papua Barat.

“Hal ini sangat disayangkan, kami akan melanjutkan keluhan masyarakat tersebut kepada pemerintah Provinsi Papua Barat,”kata surung Sibarani, Jumat, 3 Juli 2020.

Hal serupa disesalkan anggota DPD-RI Perwakilan Papua Barat, Sanusi Rahaningmas pihaknya mengetahui bahwa bantuan sembako tahap pertama yang disalurkan langsung oleh Gubernur itu diberikan langsung kepada tokoh-tokoh agama, dan khusus untuk umat Islam di Kota Sorong, menurut dia, yang diketahui untuk tahap Pertama telah diberikan sekitar 1000 paket melalui MUI. Dan MUI menyalurkan bantuan tersebut dengan membagikan 200 paket ke Muhammadiyah, 200 paket ke NU dan 600 paket sembako lainya disalurkan melalui madjid-masjid yang ada di Kota Sorong.

“Itu yang saya tahu dan saya dengar dan mendapatkan informasi langsung dari ketua MUI Kota Sorong bahwa bantuan paket sembako tahap pertama dari Gubernur sudah diperoleh dan sebanyak 1000 paket tersebut diberikan kepada umat Islam dan sudah tersalurkan,” jelas Sanusi, Jumat 3 Juli 2020.

Terkait adanya tokoh agama yang belum mendapatkan bantuan, kata dia, pihaknya sama sekali belum  mendapatkan informasi, namun pihaknya mengharapkan agar semua masyarakat yang terdampak COVID-19 ini bisa mendapatkan bantuan Gubernur tersebut.

“Nanti saya akan kembali mengecek kepada tokoh agama yang lain apa prosedur penyaluran mereka,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, MM menjelaskan bahwa terkait dengan bantuan Gubernur Papua Barat tersebut bukan tanggungjawab pemerintah Kota Sorong, pasalnya bukan disalurkan melalui Pemerintah, namun melalui para tokoh agama.

“Saya hanya terima secara simbolis saja pada waktu itu di Bandara Deo, namun untuk teknis lebih lanjutnya sudah dikembalikan kepada para tokoh agama yang ada di Kota Sorong, sehingga bantuan Gubernur tersebut bukanlah tanggung jawab kami pemerintah Kota Sorong. Sehingga yang kita tangani saat ini hanyalah bantuan Presiden dan juga bantuan Sembako dari pemerintah Kota Sorong sendiri. Jadi untuk Bantaun Gubernur kami tidak tahu,” jelas Wali Kota Sorong, belum lama ini kepada awak media di kantor Wali Kota Sorong. 

Penyaluran paket bantuan makanan (bama) tahap I yang diberikan Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan sebanyak 21.761 paket Sembako kepada masyarakat Kota Sorong yang terdampak Covid-19 khusus tokoh agama yang ada di kota sorong , 25 April 2020 lalu.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here