Tiba Dari Jayapura, 454 Penumpang Tujuan Serui Jalani Rapid Test

0
308
Ratusan Penumpang Dari Kota Jayapura Saat Turun Di Pelabuhan Serui, Rabu 17 Juni 2020

Laporan : Herman Betta

Paraparatv.id | Serui |Sebanyak 454 warga Serui penumpang KM Dobonsolo asal Pelabuhan Jayapura tujuan Serui jalani Rapit Test yang dilakukan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 Kabupaten Yapen, Rabu 17 Juni 2020.

Kedatangan ratusan warga ini di lakukan pemeriksaan surat-surat jalan maupun keterangan kesehatan dari tempat asal di pelabuhan Serui dan di lanjutkan pemeriksaan ulang rapid test di stadion Marora Serui, dengan penjagaan ketat pihak keamanan dari Satpo PP, Polri dan TNI.

Wakil Bupati Yapen, Frans Sanadi mengatakan pemeriksaan rapid test ini di lakukan kepada masyarakat yang selama ini ada di tempat namun terlebih bagi masyarakat yang baru melakukan perjalanan dari luar kota Serui.

“Ini harus kita lakukan sesuai protokol kesehatan covid-19, semua ini demi kesehatan kita semua dengan tujuan utama adalah bersama-sama memutus mata rantai penyebaran virus corona di kabupaten Yapen, apalagi sampai saat ini Yapen masih dalam zona hijau,”ungkapnya  saat memantau langsung kedatangan penumpang setelah 3 bulan transprotsi laut dan udara ditutup.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen, Karolus Tanawani menambahkan, dalam hasil rapid test nanti jika ada yang reaktif, maka warga tersebut akan di karantina di rumah biru, namun jika hasilnya non reaktif akan dipulangkan ke rumah masing-masing untuk melakukan karantina mandiri sesuai dengan protokol kesehatan.

“Jika ada yang reaktif, maka kita akan pisahkan mereka untuk selanjutnya beberapa hari kedepan di lakukan protap penanganan covid-19 yaitu pemeriksaan SWAB dan PCR di Rumah Sakit Umum Serui,” singkatnya.

Rapid test yang dilakukan disaksikan langsung oleh wakil bupati Yapen,  Sekda, Assisten III, Kepala Dinas Kesehatan, Ketua gugus covid-19 Yapen, Kapolres Yapen, Dandim 1709/YAWA, perwakilan anggota DPRD Yapen, Sekwan dan beberapa pejabat lainnya.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here