Gedung Serba Guna Thabita Milik Pemkab Jayapura Dilahap Si Jago Merah

0
195

Laporan : Irfan

Paraparatv.id | Jayapura | Gedung Serba Guna (GSG) Wanita Thabita milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Jayapura, Jalan Raya Kemiri-Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Kamis 11 Juni 2020 dinihari Ludes terbakar. Penyebab pastinya belum diketahui dan masih diselidiki petugas.

Kebakaran tampak terjadi di bangunan gedung serba guna lama yang saat ini sedang dipugar oleh Pemkab Jayapura untuk dijadikan sebuah hotel. Polisi bergerak cepat terhadap laporan tersebut, dengan menurunkan 1 unit mobil Water Canon milik Polres Jayapura dan 1 unit pemadam kebakaran (Dakar) milik Pemkab Jayapura, untuk menjinakkan api di gedung serba guna tersebut.

“Kebakaran ini saya lihat sekitar jam 01.00 atau jam 02.00 WIT dinihari,” kata seorang warga di sekitar lokasi kebakaran tersebut.

Begitu tahu ada bangunan gedung yang dilahap api, dia langsung memberitahu kepada warga lain dan melaporkannya ke pihak Kepolisian. Tidak lama aparat kepolisian pun tiba di lokasi dengan menggunakan 1 unit mobil Water Canon.

Sementara ini, belum diketahui pasti penyebabnya. Namun menurut warga yang turut membantu memadamkan kobaran api, melihat api tiba-tiba muncul sudah dalam kondisi nyala besar.

“Kitong tra tahu sumber api dari mana, tapi tiba-tiba kitong lihat api sudah besar dan cepat merambat ke seluruh bangunan gedung serba guna tersebut,” ujarnya.

Kebakaran bangunan gedung serba guna itu menghanguskan seluruh material bangunan hotel yang disimpan di dalam bangunan gedung tersebut.

“Seluruh bangunan gedung serba guna itu ludes terbakar bersama seluruh material bangunan untuk pembangunan hotel. Terus api bisa dipadamkan kurang lebih sekitar jam 04.00 WIT dengan bantuan mobil Water Canon milik polisi. Kami dengan warga lain memotong pipa air yang berada disamping bangunan gedung serba guna itu untuk menyuplai air ke mobil Water Canon. Sedangkan mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Jayapura hanya datang sebentar saja, lalu balik lagi karena tidak ada air dalam mobil damkar tersebut,” jelasnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH, mengatakan, belum diketahui pasti penyebab gedung serba guna (GSG) Wanita Thabita milik Pemkab Jayapura dan bangunan Hotel Thabita yang sementara dalam proses pembangunan itu terbakar. Polisi memperoleh informasi dari seorang warga bernama Silvester Hikoyabi, yang mana saat itu dirinya sedang melintas di jalan raya tepat di depan gedung yang terbakar tersebut.

“Jadi saat itu saksi dalam perjalanan pulang dari arah Sentani ke Kemiri, kemudian saksi melihat asap tebal dari dalam gedung serba guna Wanita Thabita. Sehingga saksi berusaha mencoba untuk mengecek dan melihat api yang sudah membesar di bagian depan sebelah kanan dari bangunan gedung serba guna tersebut,” kata Kabid Humas dalam rilisnya yang diterima wartawan media online ini, Kamis 11 Juni 2020.

“Sekitar jam 04.58 WIT, api berhasil dipadamkan, dengan situasi aman dan terkendali,” ujar dia.

Untuk diketahui, di lokasi kebakaran telah dipasang garis polisi (Police Line) guna melakukan proses penyelidikan. Saat berita ini diturunkan belum ada konfirmasi dari pihak terkait seperti Dinas Pertanahan, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DP2KP) Kabupaten Jayapura.

Gedung serba guna (GSG) Wanita Thabita yang terbakar ini sedang dipugar oleh Pemkab Jayapura guna dijadikan sebuah hotel. Proses pembangunan Hotel Thabita untuk saat ini sementara terhenti, karena masih ada permasalahan internal.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here