Tiga WNA diamankan TNI di Kabupaten Waropen

0
242

Paraparatv.id | Waropen | Sedikitnya 3 Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok diamankan  Danramil 1709-03/Warbah ( Waropen Bawah ) Mayor Inf A. H. Widagdo beserta para Babinsanya, Senin, 27 Januari 2020.

Ketiga  WNA asal Tiongkok bernisial FL, YH, dan LS. Langsung diamankan di Makoramil 1709-03/Warbah, Kodim 1709/Yawa, untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Dengan kejadian ini, Letkol Inf Leon, S.H Dandim 1709/Yawa menggandeng Kasubsi Intelijen Imigrasi Kelas II Biak, Bismo Surono,  bersama-sama menuju Kabupaten Waropen guna melakukan pemeriksaan awal dan sekaligus melakukan penjemputan terhadap ketiga WNA tersebut.

PEMERIKSAN 3 WNA ASAL TIONGKOK YANG DILAKUKAN DI RUANG RAPAT PEMDA WAROPEN

Bismo Surono, Kasubsi Intelijen Imigrasi Kelas II Biak mengatakan, hasil pemeriksaan kelengkapan dokumen terhadap 3 WNA Pihak imigrasi mendapati ketiga WNA ini menggunakan pasport bebas visa sebagai turis atau wisatawan bukan sebagai pekerja untuk melakukan survey dilokasi penambangan emas di Distrik Inggerus yang belum adanya kejelasan kantor mereka.

“Mereka sebagai turis bukan pekerja, kantor mereka pun tidak jelas, jadi kami akan melakukan penyelidikan lebih lanjut di Kantor Imigrasi Biak nantinya,” ujar Bismo Surono.

Sementara itu, Dandim 1709/ YAWA, Letkol Inf Leon, S.H menegaskan seluruh WNA yang masuk ke Indonesia harus melengkapi dengan visa dan pasport yang sesuai dengan maksud dan tujuannya kewilayah NKRI dan di harapkan kepada Pemerintah daerah agar dapat melakukan pengawasan sehingga dapat mengetahui bahwa selama ini di Distrik Inggerus dan Wapoga sudah sering ditemukan WNA yang telah masuk ke daerah tersebut tanpa menggunakan pasport yang jelas.

“Kedepannya apabila ditemukan kembali maka kami bersama-sama dengan pihak Imigrasi Biak akan melakukan penindakan yang tegas untuk dilakukan proses sesuai hukum yang berlaku,” tegas Letkol Leon.

Pemeriksaan ketiga WNA dilakukan di ruang rapat Pemda Kabupaten Waropen, disaksikan Annas Adi Nugroho,  Analis Keimigrasian Biak, Asisten I Sekda Kabupaten Waropen, Asisten II Abraham imbiri, Kapolres Waropen AKBP Suhadak, Ketua LMA Waropen Barends Agaki, Kabid. Disperindagkop Kabupaten Waropen Philipus Rumi dan Pasi intel Kodim 1709/Yawa Lettu inf Masngudi.

Kini, 3 WNA telah diamankan petugas kantor Perwakilan Imigrasi Biak, direncanakan akan diterbangkan ke Serui pasa hari selasa seterusnya ke Kantor Imigrasi Biak. **(Herman Betta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here