Example floating
Example floating
BERITA

Mahasiswa Papua Tinggalkan Kota Studi, Ini Sikap LLDIKTI

87
×

Mahasiswa Papua Tinggalkan Kota Studi, Ini Sikap LLDIKTI

Sebarkan artikel ini
KEPALA LLDIKTI WILAYAH 14 PAPUA-PAPUA BARAT, SURIEL MOFU
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura |  Mahasiswa asal Papua yang tengah menjalani studi di wilayah Nusantara Indonesia, berbondong-bondong meningalkan kota studi mereka, dan kembali ke Papua. Mendapat tanggapan dari LLDIKTI Wilayah 14 Papua dan Papua Barat.   

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 14 Papua dan Papua Barat, Suriel Mofu kepada Paraparatv.id, Rabu 11 September 2019 mengatakan pihaknya menyangkan mahasiswa Papua yang meninggalkan tempat studi dan kembali ke Papua. 

Apalagi kepada mahasiswa yang sudah berstudi tujuh tahun dikampus asalnya, maka akan menyulitkan dirinya sendiri dan kampus di Papua yang menerimanya. Karena setiap perguruan tinggi memberlakukan batas waktu studi yang mengatur soal transfer mahasiswa dari kampus awal ke kampus tujuan. 

Sementara mahasiswa yang masih semester tiga, mereka dapat diterima dan mengulang dari semester pertama, di kampus tujuan di Papua yang menerima mahasiswa itu.

“Kami menyangkan mahasiswa Papua yang sudah meninggalkan tempat studi mereka, dan kembali ke Papua. Kami berharap kepada mahasiwa Papua yang masih ada di kota studinya, agar tetap melanjutkan studinya,” kata Kepala LLDIKTI Wilayah 14 Papua-Papua Barat, Suriel Mofu.

Sebut Kepala LLDIKTI itu pendidikan tinggi memiliki aturan-aturannya sendiri, kendatipun sistim tranfer adalah sesuatu yang wajar, namun akan dilihat rekam akademik mahasiswanya. Apakah sudah melewati masa studi, ataukah belum. Jika belum melewati masa studi, maka mahasiswa itu bisa diterima di kampus tujuan. Dan jika sudah melewati masa studinya, maka mahasiswa itu tidak diterima di kampus tujuan.

 Jika mahasiswa itu tetap mau di kampus tujuan itu, maka mahasiswa itu harus kuliah ulang dari semester satu.

“Aturan pendidikan tinggi sangat ketat dalam menerima mahasiswa lewat jalur transfer, dengan melihat rekam jejak akademik mahasiswanya itu,” Jelas Suriel Mofu. ***(Richard Mayor)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *