KOMUNITAS JAYAPURA GREBEK SAMPAH DI ABESAUW ABEPURA

0
285
RIBUAN SAMPAH BOTOL YANG DIGREBEK KOMUNITAS JAYAPURA DI DERMAGA ABESAUW ABEPURA, SABTU 16 Februari 2019

Paraparatv.id | Jayapura | Puluhan Anggota Komunitas Jayapura gelar aksi grebek sampah, yang di pusatkan di pantai Abesauw Distrik Abepura, Sabtu 16 Februari 2019.

Penggrebekan sampah kali ini, menemukan ribuan bekas botol berlabel minuman keras, lokasi tersebut disinyalir sebagai pusat pesta miras yang digelar warga. Selain itu juga para komunitas yang tergabung dalam Earth Hour Jayapura, menemukan tumpukan sampah yang tersebar di kawasan Hutan Manggrof Abesauw

“Tadi teman-teman mencoba memilah dan menemukan hampir seribu botol minuman keras berbagai jenis. Sayang sekali, barag seperti ini akhirnya tenggelam dilaut,”kata  Ros Inserpan Weyai, kordinator Earth Hour Jayapura, usai melakukan grebek sampah, di Dermaga Abesauw Abepura.

Perempuan Papua ini mengatakan, timnya menjadikan Dermaga Abesauw sebagai titik penggrebekan sampah karena sebagai titik akir sampah yang akan mencemari kawasan Teluk Youtefa.

“Sampah disini banyak dari kali acay, pasar yotefa, termasuk saluran kali lainnya,”jelasnya.

Selain mengumpul sampah, para anggota komunitas melakukan Street Campaign ke Kali Acay untuk mengingatkan warga soal bahaya sampah.

Sementara itu, Kepala Distrik Abepura, Donisius Deda mengungkapkan penanganan jangka pendek sampah untuk mengurangi volume sampah di muara dermaga tahun ini pihaknya telah memprogramkan pemasangan penahan sampah atau Trash Rack agar sampah tidak mengalir ke laut.

“Ada juga papan bicara di beberapa titik yang drinasenyabermuara ke Kali Acay dengan melibatkan lima kelurahan diantaranya Kota Baru, Awiyo,Asano,Vim, Waimhorock,”ungkapnya.(Paraparatv.id/G)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here