Paraparatv.id | Jayapura | PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat menyiagakan 1.221 personel dalam rangka memastikan keandalan kelistrikan selama bulan suci ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1.446 Hijriah. Berbagai upaya pengamanan dilakukan agar kebutuhan kelistrikan pelanggan saat momen ramadan tercukupi tanpa adanya kendala.
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Rizky Mochamad menjelaskan bahwa beberapa langkah preventif telah dilakukan PLN agar keandalan kelistrikan tetap aman saat masyarakat beraktivitas khususnya saat menjalankan ibadah. Seluruh lini baik dari sistem pembangkit, transmisi dan distribusi dipastikan dalam kondisi yang prima dan sesuai standar kerja.
“Selain menerjunkan ribuan personel, PLN juga menyiapkan 50 posko siaga tersebar di setiap Unit Layanan Pelanggan (ULP) di wilayah kerja PLN UIW Papua dan Papua Barat untuk memastikan pelayanan kepada pelanggan tetap berjalan maksimal. PLN ingin masyarakat yang menjalankan ibadah di bulan suci ramadan tahun ini bisa dijalankan dengan khidmat dan dalam kondisi yang terang benderang,” ungkap Rizky.
Rizky menambahkan penyisiran jaringan dan pemangkasan dahan-dahan telah dilakukan rutin agar tidak menimbulkan potensi gangguan saat pendistribusian listrik ke pelanggan. Sebagai upaya antisipasi lainnya, PLN juga telah menyediakan 36 unit gardu bergerak (UGB), 23 uninterruptible power supply (UPS), 34 unit crane, 9 unit Unit Kabel Bergerak (UKB), Unit Kabel dan Kubikel bergerak (UKKB) dan 98 unit mobile genset di setiap posko siaga tersebar.
“Apabila nantinya terjadi gangguan, PLN akan memaksimalkan sistem outage management pada command center sehingga pengaduan dan keluhan pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile bisa ditanggapi secara cepat. Untuk 150 lokasi yang sebagian besar merupakan tempat ibadah (masjid), kami lakukan pengamanan berlapis sehingga tidak mengganggu jalannya ibadah,” ujar Rizky.
Pada prinsipnya PLN siap mengamankan kelistrikan dalam kondisi aman hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri dilaksanakan mendatang. Namun, apabila ada potensi gangguan yang tidak dapat dihindari, pelanggan dapat segera melapor melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi Contact Center 123. (*/Redaksi)