Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Advetorial

PLN UIP MPA Luncurkan Program Desa Berdaya Mamuya Dalam Rangka Mendukung Pembangunan Berkelanjutan

258
×

PLN UIP MPA Luncurkan Program Desa Berdaya Mamuya Dalam Rangka Mendukung Pembangunan Berkelanjutan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Halmahera Utara | PT PLN (Persero) terus berkomitmen dalam mendukung program pemerintah dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs). Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli, PT PLN (Persero) Induk Pembangunan Maluku dan Papua (UIP MPA) berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Mamuya, Lembaga Pengelola Hutan Desa Mamuya, dan Universitas Halmahera Utara untuk menciptakan Program Desa Berdaya, Desa Wisata Mamuya.

Program Desa Berdaya PLN yang dijalankan di Desa Mamuya bertujuan mengembangkan potensi-potensi lokal yang dapat memberikan dampak positif bagi desa tersebut. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam program ini mencakup bantuan perbaikan sarana dan prasarana wisata alam pemandian air panas, pelatihan kompetensi porter wisata dan pemandu wisata, serta relokasi habitat burung endemik Mamoa yang berdampak positif bagi lingkungan.

Manager Unit Pelaksana Proyek (UPP) Maluku Utara, Ronald Paschalis Foudubun, menyatakan sebagai rangkaian program TJSL PLN, program Desa Berdaya kali ini ingin menciptakan sebuah desa yang dapat berdiri sendiri sehingga mampu mengembangkan segala potensi dan dapat berdaya dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

“Program Desa Berdaya PLN yang ada di Desa Mamuya bertujuan untuk mengembangkan potensi-potensi yang kemudian dapat menjadi dampak positif bagi desa itu sendiri. Beberapa kegiatan dari program Desa Berdaya di Mamuya antara lain bantuan perbaikan sarana prasarana wisata alam pemandian air panas, pelatihan kompetensi porter wisata dan tour guide karena di sini juga ada lokasi pendakian gunung, serta yang tidak kalah penting dengan ada relokasi habitat burung endemik Mamoa, yang tentunya berdampak bagi lingkungan.”

Sementara itu, Radios Simanjuntak selaku perwakilan Universitas Halmahera Utara yang ikut berpartisipasi dalam program Desa Berdaya Mamuya mengungkapkan rasa terima kasihnya, “Saya mewakili Desa Mamuya mengucapkan ribuan terima kasih kepada pihak PLN. Kita beri applause kepada PLN. PLN telah hadir bukan hanya membangun proyek kelistrikan, tapi memberikan perhatian kepada masyarakat desa. Bentuk bantuan melalui pemberdayaan desa sangat berguna dan penting dalam kehidupan masyarakat di desa kami.”

General Manager PLN UIP MPA, Wisnu Kuntjoro Adi, juga menyampaikan apresiasinya terhadap kolaborasi ini, “Saya mewakili PLN ingin mengucapkan terima kasih kepada setiap pihak yang telah memberikan kesempatan bagi kami untuk dapat menghadirkan program ini. Semoga program ini dapat terus berjalan dengan lancar dan kami berharap dengan terlaksananya program ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Mamuya.”

Dengan adanya program ini, PLN UIP MPA berharap dapat terus memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan perekonomian dan kelestarian lingkungan di Desa Mamuya. Peresmian program TJSL PLN Peduli Desa Berdaya di Mamuya ini ditandai dengan penyerahan simbolis yang dihadiri oleh Sababil Prasaja selaku Ketua Lembaga Pengelola Hutan Desa Mamuya dan Perangkat Desa Mamuya.(Redaksi)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *