Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BERITAHeadlineHukum dan Kriminal

Buru Longboat TNI AL Temukan Ganja 13 Kg di Tengah Laut

817
×

Buru Longboat TNI AL Temukan Ganja 13 Kg di Tengah Laut

Sebarkan artikel ini
Tim XQR Satrol Lantamal X saat gelar barang bukti Temuan Ganja 13 KG
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Tim XQR Satrol Lantamal X kembali berhasil menggagalkan penyelundupan barang ilegal berupa ganja kering siap edar seberat 13.430 gram tanpa pemilik di perairan laut Jayapura

Asisten Operasi Komandan Lantamal X Jayapura, Kolonel Laut (P) Yustus Nasarius Rossi mengatakan, temuan ini berawal dari Tim Satrol Lantamal X Jayapura yang tengah melakukan operasi keamanan patroli rutin di Perbatasan RI-PNG.

Ia menjelaskan, Tim XAR Satrol Lantamal X mendeteksi secara visual adanya pergerakan mencurigakan satu buah Longboat tak dikenal yang bergerak dari arah Tanjung Jar menuju Hamadi, tepatnya pada posisi : 02” 33′ 57” LS – 140′ 44′ 53.

β€œTim XAR melakukan pengejaran dan penghentian, selanjutnya melaksanakan prosedur pemeriksaaan dan penggeledahan terhadap orang dengan muatan 6 orang WNI tujuan Kampung Hamadi untuk menghadiri acara duka setelah di periksa tidak menemukan barang mencurigakan, ” jelasnya kepada Wartawan melalui jumpa persnya di Jayapura Kamis (9/5).

Lanjut Kolonel Yustus, Tim Patroli melanjutkan pengawasan mendeteksi secara visual pada permukaan laut, adanya benda terapung yang mencurigakan.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan untuk mengantisipasi dan memastikan benda terapung tersebut kemungkinan jenazah orang tenggelam dilaut.

Lanjut Kolonel Yustus, sekitar pukul 01.58 WIT, Tim XAR Satrol Lantamal X mengangkat benda terapung ke atas kapal, dilakukan pengecekan dan didapatkan hasil berupa 1 buah Tas dan 1 buat kantung plastik terikat pada Aki baterei jenis FB Hidash 75 ampere, dan ditemukan di dalam tas dan kantung plastik barang terlarang berupa ganja dalam beberapa bungkusan.

“Tim XAR Satrol Lantamal X kembali melakukan pengejaran terhadap longboat pada posisi pemeriksaan sebelumnya, namun sekitar perairan sudah tidak ada lagi,” jelasnya.

Ditempat yang sama Komandan Satrol Lantamal X Jayapura Letkol Laut (P) Dedy Obet, M. Tr.Opsla menegaskan Lantamal X Jayapura telah berkomitmen terus melakukan upaya operasi pengamanan laut untuk mencegah penyelundupan yang marak terjadi seperti seperti ilegal fishing, ilegal loging, ilegal oiling, ilegal mining serta bentuk kejahatan lainnya dari negara tetangga Papua Nugini (PNG).

Pengungkapan barang bukti narkoba jenis ganja ini bukan yang terakhir tetapi ini berkesinambungan dan membuktikan Satrol Lantamal X dengan perkuatanya alulista yang di miliki bisa melakukan penangangkapan narkoba jenis ganja,” tegasnya.(TS)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *