Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BERITAKABAR KOTA JAYAPURA

BPBD Kota Jayapura Sosialisasi Mitigasi Bencana Kebakaran di Distrik Abepura

377
×

BPBD Kota Jayapura Sosialisasi Mitigasi Bencana Kebakaran di Distrik Abepura

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, Papua memberikan sosialisasi dan pelatihan mitigasi bencana kebakaran bagi warga di Distrik Abepura, Kamis (2/5).

Asisten II Setda Kota Jayapura, Widhi Hartanti, membuka kegiatan, dalam sambutan Pj. Walikota Jayapura, Frans Pekey mengatakan dlistrik abepura dengan luas 157,7 kilometer persegi dengan jumlah penduduk berdasarkan sensus penduduk 2020 sebanyak 86.251 jiwa menjadi Distrik Abepura menjadi salah satu wilayah yang jumlah penduduk terbanyak.

“Sehingga dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi ini menyebabkan timbulnya kerawanan terhadap bahaya kebakaran,”ucapnya.

Menurut Widi, Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2027 tentang penanggulangan bencana memberikan paradigma baru dalam penanggulangan bencana dari yang bersifat tangkap darurat menjadi manajemen risiko bencana dan pengurangan risiko bencana.

“Untuk itu hal ini merupakan urusan bersama baik pemerintah, masyarakat dan dunia usaha serta seluruh pemangku kepentingan agar berperan aktif terlibat dalam upaya memberikan pemahaman terkait pencegahan dan mitigasi bencana tersebut,”katanya

Dia menjelaskan sosialisasi dan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk disimak bersama sehingga warga setempat dapat mengetahui tindakan apa yang harus diambil apabila terjadi kebakaran.

“Tetapi juga sebagai bentuk antisipasi dan langkah langkah untuk mencegah hal tersebut perlu ada jaminan bahwa seluruh masyarakat di kota Jayapura harus memiliki pengetahuan yang cukup dalam hal manajemen risiko bencana,”jelasnya.

Dia menambahkan Dengan demikian diharapkan kepada seluruh warga di distrik abepura untuk meningkatkan peran aktif dan kapasitas dalam pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi kejadian bencana kebakaran

Kepala BPBD Kota Jayapura Asep Khalid mengatakan Kota Jayapura merupakan salah satu daerah yang rawan terjadinya bencana gempa bumi, banjir dan longsor tetapi juga tsunami serta kebakaran.

“Sehingga kami mempunyai kewajiban untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat supaya mereka bisa memitigasi terhadap bencana,”ucapnya.

Menurut Khalid, sosialisasi dan pelatihan bencana kebakaran dilaksanakan supaya masyarakat setempat bisa melakukan manajemen risiko terhadap bencana terutama kebakaran baik perumahan maupun hutan.

“Kami harap melalui kegiatan ini masyarakat bisa memahami bagaimana dalam penanganan bencana,”katanya

Dia menjelaskan bencana kebakaran sering terjadi Kota Jayapura setiap dan pada 2023 sebanyak 93 kejadian dan awal 2024 sudah 66 kasus peristiwa kebakaran.
Kami harus mencegah terhadap bencana kebakaran karena akan sangat berdampak terhadap pembangunan,” katanya lagi.

Dia menambahkan dengan melihat topografi Kota Jayapura yang berbatasan langsung dengan kawasan konservasi dengan sendirinya pembangunan akan terkonsentrasi pada areal tertentu salah satu Distrik Abepura.

“Tentunya jumlah penduduk di Distrik Abepura juga akan akan terus meningkat sehingga hal ini juga akan menyebabkan timbulnya kerawanan terhadap bahaya kebakaran sehingga kegiatan ini sangat penting dilakukan,”pungkasnya.(VN)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *