Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Advetorial

Peringati HKG PKK Ke 52, TP PKK Kota Jayapura Gelar Lomba Fashion Show Busana Muslim dan Busana Daerah Papua

140
×

Peringati HKG PKK Ke 52, TP PKK Kota Jayapura Gelar Lomba Fashion Show Busana Muslim dan Busana Daerah Papua

Sebarkan artikel ini
Sal Satu Peserta Lomba Fashion Show saat menunjukan busana khas Papua
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Tim Penggerak (TP) PKK Kota Jayapura dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-52 menggelar fashion show Busana Muslim dan Busana Daerah Papua.

Lomba Fashion Show dibuka oleh Penjabat (Pj) Walikota Jayapura, Dr. Frans Pekey, M.Si. berlangsung di Aula Siansor kantor Walikota Jayapura. Jumat (5/4).

Tema HKG PKK Tahun 2024 adalah Bergerak bersama PKK Wujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju, khusus untuk lomba fashion show mengambil sub tema merajut harmoni dalam kebudayaan multikultural Kota Jayapura melaju.

Ketua TP PKK Kota Jayapura, Maria Yuvita G. Pekey menyampaikan Gerakan PKK adalah gerakan keluarga kelompok pelopor perubahan artinya perubahan terjadi apabila seorang perempuan tidak berdiri ditempat, tetapi memulai dengan langkah kecil untuk melakukan perubahan perubahan yang besar.

“Kaum perempuan harus meningkatkan kompetensi dirinya kapasitas dirinya meng-upgrade diri melalui kegiatan-kegiatan yang diorganisir oleh berbagai organisasi,” Ucapnya.

Selanjutnya Maria menambahkan, lomba fashion show busana muslim dan juga busana daerah Papua, dengan mengangkat busana muslim dan juga kekayaan budaya di tanah Papua sekaligus mengedukasi seluruh masyarakat agar dapat mengetahui dengan baik busana busana muslim kapan harus digunakan, bagaimana cara menggunakannya.

“Tanah Papua kaya akan budaya, kaya akan pakaian-pakaian yang sangat arif lokal dan lain sebagainya, oleh karena itu mengedukasi masyarakat ini sangat penting sekalipun juga memberikan kesempatan kepada perempuan itu sendiri untuk mengaktualisasikan diri untuk mengekspresikan diri berani tampil di depan banyak orang dan juga untuk event-event yang lainnya mengekspresikan semua potensi dirinya kemampuannya,”pungkas Maria.

Pj. Walikota Jayapura, Dr. Frans Pekey, menyampaikan fashion show ini tentu untuk mengangkat budaya serta ekonomi kreatif.

“Kreasi inofasi dari perancang busana khususnya busana muslim kemudian juga busana Papua, kita juga ingin mengembangkan kemampuan dan skill menghidupkan para peserta untuk bisa menampilkan bagaimana cara berbusana yang baik dan bagaimana bisa memberikan seni dan edukasi dan juga memperkenalkan kearifan lokal untuk batik Papua,”ucapnya

Frans Pekey menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim pengerak PKK kota Jayapura yang bekerja keras untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk memberikan yang terbaik.

“TP PKK juga sebagai mitra kerja pemerintah kota membantu pemerintah kota dalam rangka memajukan seni budaya dan juga ekonomi kreatif di kota Jayapura melalui lomba-lomba yang dilaksanakan pada hari ini ataupun juga beberapa waktu ke depan dan juga membantu dalam rangka menghidupkan pendapatan ekonomi bagi para pengiat ekonomi kreatif busana, desain di kota Jayapura,”pungkasnya

Selanjutnya kegiatan ini juga memupuk persaudaraan kebersamaan diantara perbedaan yang ada diantara yang muslim dan non muslim di bulan suci ramadhan di bulan puasa sekaligus juga dalam rangka memperingati HKG PKK dan hari R.A. Kartini.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Rory Marwani Mampioper mengatakan lomba fashion show adalah rangkaian kegiatan dari 9 lomba yang direncanakan, dilaksanakan.

“Dalam rangka memperingati HKG PKK ke 52, tiga kegiatan diantaranya telah dilaksanakan pada saat pencanangan setelah ini masih ada empat lomba yang akan di laksanakan yaitu lomba kasidah dan paduan suara, lomba tari kontemporer untuk anak tingkah sekolah atas dan SMK dan lomba tari yosim pancar tingkat umum,”jelasnya

Total peserta yang mengikuti lomba fashion show Busana Muslim ada 23 orang dan 28 orang peserta lomba fashion show busana daerah Papua dewan juri terdiri dari 6 orang dimana setiap lomba dinilai oleh 3 orang juri.

Sebelum lomba dimulai dilakukan eksebisi fashion show yang diawali Pj. Walikota beserta Ibu Ketua tim pengerak PKK, selanjutnya diikuti oleh Pj Sekda bersama Ibu dan diikuti oleh seluruh tamu undangan dan ditutup oleh tim Pengerak PKK kota Jayapura. Selain lomba Fashion show ada juga stand bazar penjualan. (VN)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *