Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Politik

Suaranya Dicurangi, Ketua Gelora ‘Bakal Bawa’ Penyelenggara Pemilu ke DKPP

66
×

Suaranya Dicurangi, Ketua Gelora ‘Bakal Bawa’ Penyelenggara Pemilu ke DKPP

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id |Sentani| Ketua DPD Partai Gelora Kabupaten Jayapura, Edison Awoitauw akan melaporkan dugaan kecurangan Pemilu ke Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) setempat, Jumat (15/03) siang ini

Edison mengaku, mengetahui terjadinya penggelembungan suara di sejumlah distrik dan dapil yang ada di Kabupaten Jayapura.

Untuk penggelembungan suara kata Edison terjadi di Dapil 1 dan 2 yang ada di Distrik Sentani Kota dan juga dapil 3 yang meliputi Distrik Sentani Timur, Ebungfau dan Waibu.

“Untuk dapil 3 penggelembungan suara yang paling banyak di Distrik Waibu” kata Edison kepada paraparatv.id di Sentani (14/03).

Edison yang maju sebagai caleg DPR Papua ini mengungkapkan bahwa suaranya paling banyak di curangi di Distrik Yokari. Kata dia dari hasil C1 dirinya meraih sejumlah suara, namun dari data D Hasil suaranya lenyap entah kemana.

“Yang saya mau sampaikan adalah, dimana penyelenggara (PPD) ini menahan D Hasil. Sebenarnya D Hasil ini sudah harus dibagi kepada para saksi setelah pleno distrik selesai dilaksanakan. Tetapi kenyataan yang terjadi, D Hasil itu diserahkan ketika Pleno Kabupaten dilaksanakan. Sehingga menurut saya ada indikasi kecurangan” tuturnya.

Dia juga menambahkan untuk du Dapil 3 Kabupaten Jayapura yang meliputi Distrik Sentani Timur, Ebungfau dan Waibu pihaknya menemukan banyak sekali penggelembungan suara pada beberapa partai.

Dan dia mengatakan bahwa siang ini pihaknya akan mendatangi Kantor Bawaslu untuk mengadukan hasil temua itu.

Sementara untuk Dapil 1 dan 2 yang berada di Distrik Sentani Kota, saat ini pihaknya sedang mengumpulkan beberapa bukti. Kata dia setelah bukti-bukti itu terkumpul maka pihaknya akan melaporkan dugaan kecurangan itu ke Bawaslu Kabupaten Jayapura juga.

“Kami dari Gelora pastinya tidak hanya melaporkan saja tetapi kami juga akan mengikuti dan mengawal sejauh mana laporan kami akan di tindak lanjuti. Selain itu kami juga akan melakukan upaya hukum untuk membuktikan kebenaran dari data-data yang berhasil kami himpun” ucapnya.

Edison juga mengancam akan membawa seluruh penyelenggara Pemilu 2024 di Kabupaten Jayapura ke Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP). (Arie)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *