Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Peristiwa

Warga Keluhkan Estimasi Waktu dan Biaya kepengurusan SIM di Polres Jayapura

×

Warga Keluhkan Estimasi Waktu dan Biaya kepengurusan SIM di Polres Jayapura

Sebarkan artikel ini
Suasana Pelayanan SIM di Polres Jayapura
Example 468x60

Paraparatv.id | Sentani | Pengurusan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di polres Jayapura dikeluhkan sejumlah warga di Kabupaten Jayapura.

Pasalnya pengurusan SIM baru atau yang di perpanjangan dikeluhkan Rani Putri (38) warga BTN Matoa yang sudah 2 hari mengurus perpanjangan SIM atas namanya, sekaligus mengurus SIM C baru untuk suaminya.

“Saya sudah 2 hari ini bolak balik Polres untuk perpanjang SIM. Sudah ikuti semua proses, tes teori hari pertama dan hari ini diminta datang untuk ujian praktek, tapi sampai siang ini belum ada info kapan mulai ujian praktek, petugas lantas yang ditemui untuk ujian praktek pun tidak ada ditempat,” ujarnya Selasa (5/12).

Rani menuturkan, dari daftar biaya PNBP SIM di Polres Jayapura menyeutkan biaya pengurusan SIM baru untuk golongan SIM C, sebesar 120 ribu rupiah dan perpanjangan 75 Ribu Rupiah, namun fakta di lapangan ia harus menyiapkan dana sebesar 600ribu rupiah untuk mengurus SIM.

Selain itu, ia juga mengakui untuk mengurus SIM harus kehilangan banyak waktu selama mengurus SIM di Polres Jayapura.

Motto dan Harga Kepengurusan SIM di Polres Jayapura

“Ujian teori sudah saya ikuti, selanjutnya ada ujian praktek tapi saya tunggu sampai siang ini, saya belum diinfokan lagi untuk ujian praktek, sementara petugas yangg bertugas menguji katanya sedang diluar,” ungkap Rani.

Dirinya merasa tidak rasional saat mendapat informasi biaya nominal kepengurusan SIM melebihi Biaya PNBP SIM yakni sebesar 600 ribu rupiah.

Tak hanya itu, keluhan lain juga dialami seorang ibu ASN yang tak mau menyebutkan namanya, yang mengakui untuk mengurus SIM ia harus ijin ke kantor.

” saya juga ini sudah urus SIM dari kemarin untuk itu saya ijin ke kantor hanya untuk mengurus SIM, masa harus ijin lagi besok untuk kembali urus SIM, habis waktu ya kalau bisa di percepat dan jangan dipersulit ya apalagi akhir-akhir ini gencar sweeping oleh Satlantaskan,” pintanya.

Sementara itu, Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen yang dikonfirmasi terkait hal ini mengatakan akan mengevaluasi kinerja unit SIM di Polres Jayapura.

“terkait pengurusan SIM ini intinya kami akan evaluasi kinerja di unit SIM agar pelayanan lebih prima dan maksimal, sesuai motto Satlantas memberikan pelayanan prima yang bebas calo dan pungli,” jelas Kapolres.(FB)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *