Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
KABAR KOTA JAYAPURA

Bunda PAUD kota Jayapura Sebut Bunda PAUD Adalah Tokoh Sentral untuk Anak Usia Dini

×

Bunda PAUD kota Jayapura Sebut Bunda PAUD Adalah Tokoh Sentral untuk Anak Usia Dini

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Pengukuhan Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD tingkat Distrik, Kelurahan dan Kampung se kota Jayapura, yang dilakukan Bunda PAUD kota Jayapura, disalah satu hotel di Jayapura, Rabu (22/11).

Asisten II Setda kota Jayapura, Widi Hartanti, membuka kegiatan mewakili Penjabat (Pj). Walikota Frans Pekey, menyampaikan, keberadaan Bunda PAUD sangat penting dalam membina tumbuh kembang anak.

“Anak-anak kita perlu mendapatkan pendampingan, terlebih juga pendidikan dari awal baik di tingkat paling bawah, di dalam keluarga sendiri tanggung jawab utama adalah orang tua,” Ucapnya

Tetapi orang tua tidak bisa bekerja sendiri untuk mendapatkan pendidikan yang lebih lagi tentunya, dari pada bunda bunda PAUD yang nantinya akan dilantik ini, jadi harapan anak-anak yang ada di tingkat bawah, Kelurahan Kampung ini bisa paham.

“Dengan kondisi sekarang dunia sudah semakin berkembang, dunia digital, dunia informasi yang lebih terbuka, anak-anak kecil, anak-anak balita bayi kita ini sudah paham, tetapi bukan paham untuk bisa dilaksanakan tetapi mereka hanya menerima, tidak tahu itu baik atau buruk untuk itu adalah tugas kita orang tua melalui Bunda PAUD ini untuk nanti bisa mengarahkan, memilah-milah mendampingi anak-anak kecil kita supaya jangan terjerumus dengan dunia yang semakin berkembang,”pungkas Widi

“Dengan adanya Bunda PAUD ini lebih menekankan supaya anak-anak kita lebih didampingi dalam tumbuh berkembangnya serta pendidikannya lebih terarah dan lebih kita baik lagi,” Ujarnya

Sementara itu, Bunda PAUD kota Jayapura, Maria Yuvita Gobay menyampaikan Bunda PAUD beserta Pokja Bunda PAUD Kota Jayapura, mengukuhkan Bunda PAUD distrik Jayapura Selatan dan juga Pokja Pokja Bunda PAUD distrik, kemudian Bunda PAUD beserta Pokja Bunda PAUD Kelurahan dan kampung se kota Jayapura.

“Bunda PAUD adalah tokoh Sentral yang merupakan figur dari seorang perempuan untuk menggerakkan, memperhatikan kualitas anak usia dini,” Ungkapnya.

Dengan adanya pengukuhan ini agar tahun 2024 Bunda paud dari tingkatan bawah, kampung, Kelurahan, distrik bersama Bunda PAUD kota kita mengoptimalkan kapasitas diri sebagai seorang bunda PAUD dibantu oleh pokja bunda untuk memperhatikan kualitas layanan Pendidikan Anak Usia Dini dan juga menumbuhkan kemampuan fondasi anak yang harus dimiliki oleh seorang anak usia dini.

Maria menyebut ada 6 (enam) kemampuan fondasi yang harus dibangun untuk anak usia dini yaitu pertama budi pekerti dan nilai agama, kedua keterampilan sosial dan bahasa, ketiga pemaknaan terhadap belajar yang positif, keempat adalah kematangan emosional kemudian kelima ada kematangan kognitif dan ke enam, keterampilan motorik dan perawatan diri.

“Keenam kemampuan pondasi ini harus dimiliki, harus dibangun dari dasar karena usia 0 sampai 6 tahun adalah golden Age yaitu tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang paling penting pada masa awal kehidupan anak” Ucapnya

“Saya meminta agar semua pihak tetap harus semangat, untuk memperhatikan anak-anak. Karena bagi anak usia dini, bermain adalah belajar dan belajar adalah bermain,” Pungkasnya (VN)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *