Example floating
Example floating
Sosial Budaya

BBPOM di Jayapura Tanam 300 Pohon Mangrove Wujudkan Zero Carbon

755
×

BBPOM di Jayapura Tanam 300 Pohon Mangrove Wujudkan Zero Carbon

Sebarkan artikel ini
BBPOM di Jayapura melakukan penanaman bibit mangrove di di Lokasi Hutan Perempuan Pantai Ciberi, Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Selasa (31/10).
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Jayapura bersama Loka POM di kabupaten Mimika dan lintas sektor melaksanakan penanaman pohon magrove dalan rangka mewujudkan Net Zero Carbon di Indonesia.

Penanaman pohon manggove serentak dilakukan BPOM se Indonesia, dan di wilayah Provinsi Papua, 300 pohon mangrove ditanam di Lokasi Hutan Perempuan Pantai Ciberi, Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Selasa (31/10).

Kepala Balai Besar POM di Jayapura Hermanto, S. Si., Apt., MPPM mengatakan , kegiatan penanaman pohon mangrove ini merupakan salah satu upaya BPOM untuk mendukung program Zero Carbon di Indonesia.

“Mangrove memiliki peran penting dalam menyerap emisi karbon dan mencegah abrasi pantai, serta sebagai tempat untuk budidaya berkembangnya biota laut dan akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan juga tempat wisata. Kami sangat berharap bekerja sama dengan masyarakat, bersama-sama kita menjaga kelestarian lingkungan salah satunya dengan penanaman mangrove,”ucapnya.

Lanjut ia menambahkan, BPOM Nasional berkomitmen untuk terus menjaga kelestarian lingkungan. ditahun 2024 ditargetkan pihaknya akan menanaman 1000 bibit mangrove dan 1000 pohon lagi pada tahun 2025.

“Mangrove ini juga telah memberikan nilai tambah ekonomi karena dari buah mangrove bisa dibuat sirup, dari hasil lautnya bisa dimanfaatkan dibuat nugget dan yang lain-lain bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian dan masyarakat akan terus menjaga karena itu kita sama-sama menjaga kelestarian lingkungan,”tutur Hermanto

Kepala Balai Besar POM di Jayapura Hermanto, S. Si., Apt., MPPM, saat menyerahkan secara simbolis Bibit Mangrove kepada Duta Mangrove Papua, Petronella Merauje, di Lokasi Hutan Perempuan Pantai Ciberi, Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Selasa (31/10).

Sementara itu ditempat yang sama, Duta Mangrove Papua, Petronella Merauje menyampaikan apresiasi dan trimakasih atas kegiatan yang dilakukan BBPOM di Jayapura melalui Penanaman Mangrove.

“Saya bangga dan senang karena saya punya teman yang mencintai lingkungan semakin banyak yang sama sama dengan saya untuk melakukan penanaman mangrove, inilah salah satu edukasi yang diberikan oleh Badan POM Kepada seluruh masyarakat Papua khususnya kota Jayapura,” ucap Petronela Merauje yang menerima Kalpataru 2023 kategori Pembina Lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta.

“Mari kita sama-sama terus menjaga alam mencintai alam yang ada di Papua dan juga di Indonesia karena dari alam ini kami boleh hidup, kami ambil dan kami makan untuk itu mari sama-sama lestarikan alam ini sebagaimana mestinya,”pungkas Petronella.(VN)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *