Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
KABAR KOTA JAYAPURA

900 Nelayan di Kota Jayapura Sudah Terdaftar Kartu Kusuka

×

900 Nelayan di Kota Jayapura Sudah Terdaftar Kartu Kusuka

Sebarkan artikel ini
Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey bersama Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura, Matheys Sibi saat penyerahan bantuan hibah kapal penangkap ikan serta penyerahan kartu e-Kusuka kepada nelayan, di Dermaga Polair Polda Papua, Rabu (4/10).
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Sebanyak 900 orang nelayan di Kota Jayapura Papua terdaftar sebagai peserta Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan Elektronik atau “Kusuka” yang diterbitkan oleh Kementerian Kelautan Perikanan melalui masing-masing pemerintah kabupaten/kota.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura, Matheys Sibi, usai menyerahkan bantuan hibah kapal penangkap ikan kepada nelayan serta penyerahan kartu e-Kusuka, di Dermaga Polair Polda Papua, Rabu (4/10).

“Kartu e-KUSUKA ini dalam rangka perlindungan dan pemberdayaan pelaku usaha, percepatan pelayanan, peningkatan kesejahteraan serta menciptakan efektivitas dan efisiensi program pemerintah serta pendataan kepada pelaku usaha agar tepat sasaran,”ucapnya.

“Kartu e-Kusuka adalah identitas bagi pelaku usaha kelautan perikanan untuk nelayan, pembudidaya ikan, pengolah dan pengemasan atau siapa saja yang bergerak di sektor kelautan perikanan, karena itu identitas tunggal yang wajib dimiliki,” Ujar Matheys.

Pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh pelaku usaha, baik nelayan pembudidaya ikan maupun pemasar untuk wajib memiliki kartu e-Kusuka.

“Karena setiap pemberian bantuan harus wajib memiliki kartu e-Kusuka karena itu identitas identitas mereka masing-masing, kartu e-Kusuka ini gratis tidak dipungut biaya,”pungkasnya

Untuk diketahui nelayan di Kota Jayapura berjumlah 2.399 orang, sebelumnya para nelayan sudah mempunyai kartu nelayan. Dengan perubahan regulasi sekarang muncul kartu e-Kusuka ini yang sementara pihaknya masih dalam pengurusan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada nelayan agar semuanya bisa mempunyai kartu e-Kusuka. (VN)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *