Example floating
Example floating
Teknologi

Pemkab Jayapura akan Realisasikan WiFi Gratis di 10 Titik

211
×

Pemkab Jayapura akan Realisasikan WiFi Gratis di 10 Titik

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si
Example 468x60

Paraparatv.id |  Sentani | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dalam hal ini Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., memastikan memfasilitasi internet gratis berupa Wi-Fi di sejumlah area publik atau 10 titik lokasi di Kota Sentani. Pemasangan Wi-Fi ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat mengakses internet secara gratis di tempat-tempat yang akan disebar titik pemasangannya.

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., mengatakan, sebagai salah satu kota yang perkembangannya sangat pesat, Kota Sentani merupakan wilayah yang sangat strategis dalam pengembangan jaringan teknologi informasi.

“Saya sudah kasi petunjuk ke Kadis Kominfo, untuk kita juga koordinasi dengan pihak Telkom untuk bagaimana kita pasang internet gratis berupa Wi-Fi gratis di 10 titik di Kabupaten Jayapura terutama di Kota Sentani, jadi nanti teknisnya sama Kadis Kominfo,” terang Triwarno Purnomo ketika dikonfirmasi wartawan media online ini via telepon seluler, Senin, 14 Agustus 2023.

Dikatakan Triwarno, program gerakan Wi-Fi gratis ini dilaksanakan dan ditempatkan pada beberapa publik area atau 10 titik lokasinya berada di Kota Sentani.

“Ya, untuk titik-titiknya itu nanti sama Kadis Kominfo,” beber mantan Pjs Bupati Asmat ini dengan singkat.

WiFi gratis ini ditujukan kepada masyarakat sekitar dalam menunjang publik demi terwujudnya Smart City.

“Sejalan dengan kemajuan teknologi terutama teknologi informasi dan komunikasi. Bahwa, ini juga bagian dari hal yang harus kita layani kepada masyarakat.

Kebutuhan akan pemanfaatan teknologi terutama informasi dan komunikasi. Kita harus bisa memfasilitasi kepada masyarakat yang kesulitan untuk akses jaringan internet, sehingga ini menjadi perhatian kita untuk bagaimana kita bisa penuhi ini,” jelasnya.

“Kami mengharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Jayapura agar dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi terutama dalam memanfaatkan gadget itu harus bisa lebih bertanggung jawab dan juga harus tahu bagaimana menggunakan gadget yang produktif, bermanfaat dan positif. Semua harus cerdas dalam memanfaatkan informasi dan komunikasi ini, cerdas dan bertanggung jawab dalam membuat sebuah tulisan yang diinformasikan lewat media sosial,” pungkas mantan Sekretaris DPRD Kabupaten Keerom ini.

Sementara itu ditempat terpisah, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon mengatakan, pesatnya perkembangan TIK yang berlangsung selama beberapa dekade terakhir ini, telah membuat kebutuhan masyarakat terhadap informasi menjadi semakin meningkat.

Dia juga menambahkan gerakan program WiFi gratis yang difasilitasi Pj Bupati Jayapura bagi masyarakat untuk memberikan kemudahan dalam mengakses informasi bagi warga.

“Ya, di hari Sabtu (12/8) lalu beliau sudah sampaikan itu dan saya juga sudah melaporkannya ke bapa Pj Bupati. Ada beberapa titik yang sudah kita survei, pertama itu Pholeuw Park, kemudian yang kedua itu di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah, juga di Bukit Teletubbies (Tungkuwiri),” katanya.

“Akan tetapi, untuk titik-titik lainnya itu kita masih menunggu. Karena kita punya ruang terbuka hijau ini salah satu pendukung untuk layanan internet gratis. Kami dari Dinas Kominfo punya ide yang sudah di susun itu, kita punya rencana daerah-daerah yang dilalui jaringan Telkom itu kita akan pasang di Obhe-obhe (pendopo-pendopo adat) sebagai tempat kumpul. Sehingga warga khususnya anak-anak muda disekitar Obhe itu bisa memanfaatkan sebagai rumah belajar, juga bicara tentang edukasi, budaya dan lainnya di Obhe,” sambung Gustaf Griapon.

Sarana-sarana layanan internet gratis itu pihak Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura akan kembangkan di Obhe-obhe (pendopo-pendopo adat). “Kemudian, kita juga rencana pasang di Khalkote. Jadi, semuanya sudah di survei. Cuma untuk 10 titik lokasi sesuai arahan pak Pj Bupati itu pada prinsipnya kami dari Dinas Kominfo siap untuk melaksanakan itu,” ujar mantan Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura ini. (Irf)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *