Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Example floating
Example floating
Example 728x250
KABAR KOTA JAYAPURA

Dinas PUPR Kota Jayapura Gelar Sosialisasi Pengelolaan Limbah Domestik

×

Dinas PUPR Kota Jayapura Gelar Sosialisasi Pengelolaan Limbah Domestik

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR) Kota Jayapura menggelar Sosialisasi Pengelolaan Limbah Domestik guna menjaga kesehatan lingkungan, dibuka oleh Asisten III Kota Jayayapura, Amos Solossa, di Jayapura, Rabu (23/8).

“Air limbah domestik menjadi salah satu isu yang sangat penting dalam upaya kita menjaga kebersihan lingkungan, dampaknya tidak hanya terasa pada kualitas air yang kita konsumsi, tetapi juga berdampak langsung pada ekosistem dan kesehatan masyarakat,”ucapnya.

Example 300x600

Lanjut ia menambahkan, masih banyaknya tantangan yang dihadapi dalam pemenuhan layanan sanitasi sistem pengelolaan air limbah domestik di Kota Jayapura.

“Dalam mencapai tujuan tersebut, kita perlu bekerja bersama sama dan berkolaborasi antara pemerintah daerah, industri, komunitas dan setiap individu masyarakat memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan lingkungan,”ucapnya.

Sekretaris Dinas PUPR Kota Jayapura, Yayong Baddu, menyampaikan bahwa pihaknya berfokus kepada pengelolaan air limbah di lima distrik, untuk tahap Pertama pihaknya sudah lakukan di distrik Jayapura Selatan dan Abepura, tahap kedua di distrik heram.

“Dari sosialisasi ini kita mengajak masyarakat bagaimana cara mengolah limbah yang bagus, untuk itu nanti dalam materi ada istilahnya ipal komunal, ipal manual dan sistem perpipaan semua kita sosialisasikan kepada masyarakat. Untuk itu peran serta masyarakat dalam upaya meningkatkan sanitasi lingkungan sangat penting demi kesehatan,ā€¯ujarnya.

Ditempat yang sama Kepala UPTD PALD Koya Koso, Kota Jayapura, Sapari, menyampaikan, Dari sisi sanitasi lingkungan untuk Kota Jayapura memang tingkat sanitasinya masih rendah ada diangka 0.9.

“Target kita di tahun 2030 sekitar 10 persen, perlu daya upaya dari semua masyarakat dan juga stakeholder melalui pemerintah untuk mendorong agar masyarakat memiliki perilaku hidup bersih dan sehat. Saya berharap melalui forum ini sosialisasi masyarakat mendapatkan edukasi yang baik sehingga kita mengelola sanitasi menjadi lebih baik,”ucapnya.(VN)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No COPY PASTE !!