Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BERITAKABAR SENTANI

PJ Bupati Jayapura imbau Warga Waspada Bencana

80
×

PJ Bupati Jayapura imbau Warga Waspada Bencana

Sebarkan artikel ini
Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si.
Example 468x60

Paraparatv.id | Sentani | Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., menyikapi gempa bumi yang terjadi selama dua atau tiga hari terakhir ini di laut Kota Jayapura. Untuk itu, ia mengimbau agar seluruh masyarakat di Bumi Khenambay Umbay untuk melakukan waspada dini pascagempa.

“Yang namanya bencana (gempa) itu sesuatu yang sulit kita prediksi, sesuatu yang sulit untuk kita duga kapan terjadi. Sehingga harapan saya buat seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura, kita tetap waspada. Terutama, untuk masyarakat yang tinggal di daerah-daerah aliran sungai, di daerah-daerah yang rawan longsor dan juga yang ada di pesisir pantai maupun yang ada di tempat-tempat ketinggian yang memang rawan tanah longsor,” ujar Triwarno Purnomo di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Rabu, 4 Januari 2022 malam.

Hingga saat ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura sebelumnya masih merilis tentang perkembangan gempa bumi di Kota Jayapura dan sekitarnya.

Berdasarkan rilis resmi dari BMKG dalam hal ini Kepala BMKG Wilayah V Jayapura, Yustus Rumakiek mengatakan, dari hasil monitoring BMKG untuk gempa mulai dari tanggal 2 sampai 4 Januari 2023 hingga pukul 16.00 WIT di wilayah Jayapura. Gempa bumi teramati terbesar dengan memiliki magnitudo 5,2 dan tidak berpotensi tsunami.

Meski demikian, kata Orang Nomor Satu di Kabupaten Jayapura ini, tidak ada yang mau bencana terjadi. Tetapi yang namanya manusia, pasti mempunyai keterbatasan. Artinya, apa yang bakal dihadapi besok itu semua ada di tangan Tuhan.

“Maka itu, mari kita terus waspada. Serta, yakin dan percaya bahwa Tuhan akan terus melindungi kita semua masyarakat Kabupaten Jayapura,” tuturnya.

Penjabat Bupati Jayapura juga mengimbau masyarakat, utamanya yang berada di daerah-daerah aliran sungai dan tempat-tempat ketinggian yang rawan akan longsor, serta yang berada di pesisir pantai agar tetap tenang namun waspada.

“Yang paling penting, untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura, kita tetap waspada,” cetusnya.

Selain itu, Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura untuk melakukan rencana kontijensi bencana yang betul-betul matang.
“Sehingga sesuatu yang tidak kita harapakan tidak terjadi. Supaya pada saat dibutuhkan, kita sudah siap untuk diaplikasikan,” tukasnya. (Irf)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *