Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
AdvetorialEkonomiHukum dan KriminalKesehatanPeristiwa

PLN Berikan Pelatihan Keterampilan, Dukung Pemberdayaan Penyintas Narkoba Jayapura

×

PLN Berikan Pelatihan Keterampilan, Dukung Pemberdayaan Penyintas Narkoba Jayapura

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Dalam rangka mendorong peningkatan kualitas sumberdaya di Papua, PT PLN (Persero) memberikan pelatihan keterampilan kewirausahaan bagi masyarakat Kampung Skouw Mabo, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Ini merupakan bagian dari Program Tanggung Jawab dan Sosial (TJSL) PLN untuk mendukung penyintas narkoba menjadi lebih produktif. Tidak hanya pelatihan ketrampilan, PLN bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi Papua untuk melaksanakan Sosialisasi Bahaya Narkoba kepada masyarakat di daerah Perbatasan terkhususnya di Skouw.

Pelatihan yang dipimpin oleh Ketua Sanggar Seni Berdikari ini diikuti langsung oleh 15 orang untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan. Dengan memanfaatkan potensi lingkungan sekitar, aksesoris seperti tas, ukiran, gantungan kunci dan kerajinan lainnya  dibuat menggunakan bahan baku tempurung kelapa.

Salah satu peserta pelatihan, Robert Marueri mengungkapkan bahwa dirinya merasa lebih produktif setelah mengikuti pelatihan. Hal ini menjadi rutinitas yang dapat mengisi waktu luang dan meminimalisir kembali terpengaruh obat-obatan terlarang. 

“Kami bersyukur dan berterima kasih atas kepedulian PLN dan juga BNN kepada kami para penyintas Narkoba di Skouw Mabo. Ternyata sumber daya alam yang melimpah di sekitar kami (tempurung kelapa) bisa dimanfaatkan untuk menjadi aksesoris yang mempunyai nilai tambah sehingga bisa menjadi pemasukan bagi kami. Rata-rata kami disini bisa menghasilkan 5 kerajinan per orangnya dalam sebulan, dengan kisaran harga mulai dari lima ribu rupiah hingga tiga ratus ribu,” papar Robert. 

Sementara itu, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Rio Widiya Nugraha mengatakan program sosialisasi dan pelatihan ini merupakan wujud pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) serta sinergi PLN dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi Papua yang bertujuan untuk mendukung penyintas narkoba agar dapat bangkit dan menjalani kehidupan yang lebih baik dari segala sisi.

“Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Pelatihan kepada Penyintas Narkoba ini menjadi sarana bagi peserta dalam mengembangkan keterampilan dan menambah pendapatan. Kedepannya, kami berharap produk yang dihasilkan akan terus selalu berkembang, kualitas dan kuantitas juga selalu meningkat sehingga penghasilan yang didapatkan juga semakin besar,” ungkap Rio.(*/Redaksi)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *