Example floating
Example floating
KABAR KOTA JAYAPURA

Pemkot Hadirkan Pocadi Untuk Masyarakat

139
×

Pemkot Hadirkan Pocadi Untuk Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Pojok Baca Digital (Pocadi) kini tersedia di ruang publik Kota Jayapura. Pocadi dapat diakses langsung oleh masyarakat ke terminal tipe A Entrop, Distrik Jayapura Selatan.

Keberadaan Pocadi merupakan langkah pengembangan budaya baca secara digitisasi yang digagas oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada tahun 2021.

Pocadi terwujud atas kerja sama Dinas Perpustakaan Kota Jayapura dengan Perpustakaan Nasional RI dan juga Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXV (25) Provinsi Papua dan Papua Barat.

Fasilitas pojok baca digital dilengkapi dengan 3 unit personal computer (PC), 2 tablet, 100 lebih buku fisik serta layanan akses internet gratis yang disediakan pemerintah kepada masyarakat yang berkunjung ke Pocadi.

Selain itu masyarakat juga dapat mengakses buku elektronik (e-book) yang disediakan sebanyak 3000 buah di dalam fasilitas Pocadi.

“Bagi (masyarakat) yang tidak membawa atau memiliki handphone android maka dapat menggunakan komputer dan tablet yang tersedia di pojok baca digital,” ajak Septinus Ireeuw, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Jayapura di lokasi Pocadi, Kamis (17/11).

“Dengan demikian masyarakat Kota Jayapura dengan mudah memperoleh pengetahuan melalui pojok baca digital, sehingga budaya kerja berintegritas yang dicanangkan oleh Bapak Penjabat Wali Kota terus kita kembangkan dalam program dan kegiatan OPD untuk mewujudkan pelayanan prima dan inovatif,” kata Ireeuw.

Pada kesempatan itu, Penjabat Wali Kota Frans Pekey diwakilkan oleh Asisten III Amos Solossa menyampaikan peresmian Pocadi merupakan perpustakaan publik yang sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

“Dengan memberikan kemudahan akses informasi bagi masyarakat dan dapat mendukung visi Kota Jayapura sebagai kota cerdas atau smart city,” ujar Amos membawakan sambutan.

Asisten Bidang Ekonomi Setda Kota Jayapura ini mengatakan membaca ibarat jendela ilmu pengetahuan, tanpa harus ke mana-mana tapi kita bisa mengetahui di mana-mana. Karenanya, ia menyuarakan literasi dapat memberikan kontribusi positif.

“Dalam rangka menumbuhkan kreativitas dan inovasi serta meningkatkan keterampilan dan kecakapan sosial yang sangat dibutuhkan,'” katanya.

Pojok baca digital secara resmi diluncurkan dalam bentuk acara peresmian yang dihadiri oleh perwakilan Dinas Perpustakaan Provinsi Papua, Pimpinan OPD, perwakilan Polri dan TNI, tamu undangan para pelajar tingkat SMP. (AY/JT)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *