Lantik Panwas Distrik, Bawaslu Harap Kawal Kualitas Pemilu

Paraparatv.id | Sentani | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jayapura melantik 57 Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Distrik se-Kabupaten Jayapura, dalam rangka Pemilu Serentak Tahun 2024.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Jayapura, Zacharias Rumbewas, berlangsung di salah satu hotel di Kota Sentani, Selasa (1/11).

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Zacharias Rumbewas mengatakan kita patut mengucap syukur ke hadirat Tuhan karena pelantikan Panwaslu Distrik se-Kabupaten Jayapura setelah melewati proses yang panjang.

“Harus kita syukuri, setelah melalui proses tahapan yang rumit dan panjang, hingga saat ini kami bisa melantik saudara-saudara sekalian,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Jayapura Zacharias Rumbewas, Selasa (1/11) siang.

Lebih lanjut dijelaskan, Pembentukan Panwaslu Distrik sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 07 Pasal 103, yang menyebutkan kewenangan Bawaslu Kabupaten adalah membentuk Panwas Distrik, mengangkat dan memperhatikan Panwas Distrik atas usulan Bawaslu Provinsi.

“Untuk diketahui bahwa melalui Surat Ketua Bawaslu RI Nomor 352/KP.01/K1/09/2022 tanggal 10 September tentang Pembentukan Panwas Distrik dan ditindaklanjuti dengan Rapat Koordinasi yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi hingga Bawaslu Kabupaten menindaklanjuti dengan membentuk Pokja Pembentukan Panwas Distrik,” ungkapnya.

Dalam tahapan kerjanya, Pokja melakukan sosialisasi, kemudian membuka pendaftaran yang diikuti 645 pendaftar. Setelah melalui berbagai tahapan verifikasi dan serankaian tes yang akhirnya terpilih sebanyak 57 anggota Panwas Distrik.

“Para anggota Panwas Distrik yang dilantik hari ini, telah melalui sebuah proses yang panjang. Ini adalah hasil perjuangan bapak ibu sekalian, tanpa ada rekomendasi dari siapa pun, maka nanti saat menjalankan tugas, bapak ibu harus berpegang pada prinsip penyelenggaraan pemilu,” tegas Zacharias dalam sambutannya.

Dirinya mengingatkan, agar Panwas Distrik bisa merebut simpati masyarakat sehingga mereka terlibat aktif dalam proses pemilu di Kabupaten Jayapura.

“Tugas bapak ibu adalah menjaga kualitas demoktasi di Kabupaten Jayapura, dengan memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat,” pungkasnya.

Mengakhiri sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Jayapura Zacharias Rumbewas sekaligus memperkenalkan tagline Bawaslu, yaitu “Bawaslu Bersama Rakyat Awasi Pemilu” dan “Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”.

Usai Pelantikan, Para Panwas Distrik mengikuti pembekalan dalam rangka Pemilu Serentak Tahun 2024.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayapura, Daniel Mebri dan Pimpinan Bawaslu Kabupaten Jayapura lainnya, yaitu Nasarudin Sililuli dan Seprianti Pandi. (RZR)

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *