Example floating
Example floating
BERITA

TPID Papua Ambil Langkah Antisipatif Guna Menekan Angka Inflasi

94
×

TPID Papua Ambil Langkah Antisipatif Guna Menekan Angka Inflasi

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id |Jayapura | Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Papua bersama Bank Indonesia terus melakukan optimalisasi guna menekan angka inflasi.

Tingkat inflasi papua saat ini cukup tinggi dan berada di urutan ke 6 dari 34 Provinsi, untuk itu pihaknya harus mengambil langkah langkah antisipatif untuk memastikan bahwa inflasi di Papua harus dikendalikan, hal ini dikatakan Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Provinsi Papua, Muhammad Musa’ad, Usai menggelar rapat bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Selasa (4/10) sore.

“Ada tida daerah yang dijadikan sebagai sasaran untuk mengukur inflasi di Papua yaitu Kota Jayapuram Merauke dan Mimika dan ditemukan kontribusi utama meningkatnya inflasi di Papua yakni masih akibat BBM, Transportasi serta 10 sektor komoditaslainnya”ucapnya.

“Sebagai langkah antisipatif dalam rapat TPID telah disepakati empat hal utama yaitu pertama memastikan stock harus tersedia dan pasokan harus tetap terjamin, kedua memastikan harga bisa dikendalikan dan tugas pemerintah untuk memastikan harga dikendalikan,ketiga memastikan distribusi jangan sampai ada hambatan hambatan distribusi, keempat memastikan komunikasi kepada masyarakat terjadi dengan baik”ujarnya.

Sementara itu untuk Penurunan Harga Komoditas Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Juli Budi Winantya menjelaskan hingga September telah terjadi penurunan harga komoditas penyebab inflasi. Termasuk angkutan udara yang telah mengikuti arahan presiden dengan menurunkan tarifnya.

“Bi juga tetap melakukan koordinasi dengan Pemprov Papua untuk penurunan harga komoditas penyumbang inflasi, kita akan mendatangi kota kabupaten inflasi untuk membahas pengendalian inflasi yaitu 3 daerah di Papua yakni Kota Jayapura, Merauke dan Timika, guna memastikan pengendalian inflasi berjalan baik”ujarnya
“Secara umum ketersediaan bahan pangan di Papua didatangkan dari luar Papua, sehingga kerja sama antar daerah perlu ditingkatkan,”tutup Juli. (SIL)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *