Example floating
Example floating
KABAR KOTA JAYAPURA

Registrasi Sosial Ekonomi Kota Jayapura Mencapai 10 Persen

136
×

Registrasi Sosial Ekonomi Kota Jayapura Mencapai 10 Persen

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Jayapura telah melaksanakan pencacahan registrasi sosial ekonomi untuk tiga ribu kepala keluarga (KK). Program nasional yang dimulai pada 15 Oktober 2022 atau satu pekan yang lalu di Kota Jayapura baru mencapai 10 persen dari total seratus lima ribu KK.

Kepala BPS Kota Jayapura Jeffry Yohanes de Fretes, S. Kom, M.M., menyampaikan jumlah sepuluh persen yang diperoleh saat ini adalah kinerja petugas BPS dengan memanfaatkan teknologi sistem pemosisi global (GPS) agar proses identifikasi lokasi perumahan warga akurat. Selain itu, petugas yang tidak menunaikan tugas pencacahan langsung dapat terpantau.

“Sampai hari ini sudah kurang lebih sepuluh persen dari masyarakat Kota Jayapura. Itu ditandai dengan digitasi atau digitalisasi posisi rumah yang sudah di tagging oleh petugas,” kata Jeffry seusai berkunjung sekaligus melaksanakan pendataaan Regsosek kepada Penjabat Wali Kota Jayapura di kediaman dinasnya. Sabtu, (22/10) pagi.

Metode kerja itu, dijelaskan Jeffry, petugas BPS yang melakukan kunjungan ke rumah warga dapat diawasi secara langsung, “sehingga siapa yang bekerja dan yang tidak bekerja, kami tahu. Kami juga mengawasi perjalanan dari masing-masing petugas,” terang Jeffry.

Jeffry kemudian menceritakan proses pencacahan yang dilakukan petugas BPS Kota Jayapura yang dikerahkan pada Regsosek ini sebanyak 539 orang. Para petugas, diakui Jeffry, kadang tidak serta-merta bertemu tuan rumah atau Kepala Keluarga secara langsung,

“Kendala-kendala petugas kami di lapangan itu, mereka (petugas) pada hari kerja, mereka akan sulit menemui orang-orang yang sedang bekerja, dan itu, mereka (petugas) akan datang kembali bisa di hari libur seperti hari Sabtu dan Minggu atau di malam hari,” katanya.

Namun, Jeffry bersyukur, kinerja petugas di lapangan dengan memanfaatkan teknologi dapat mendata sekitar 3000 rumah warga dalam satu pekan.

“Puji Tuhan, sampai hari ini tanggal 22 Oktober 2022, kurang lebih sepuluh persen rumah yang ada di Kota Jayapura sudah di taking petugas,” ucapnya.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey didampingi Istri, Ny. Maria Y. G. Pekey di kediaman rumah dinasnya menyambut secara langsung kedatangan petugas dan pimpinan BPS Kota Jayapura guna melaksanakan pendataan Regsosek.

Wali Kota Frans Pekey mengimbau seluruh warga Kota Jayapura untuk menerima kunjungan para petugas BPS yang datang dan dapat memberikan informasi tentang kondisi sosial dan ekonomi secara terbuka untuk didata.

“Dengan data itu akan menjadi dasar dalam program-program dan kebijakan pemerintah, baik itu pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah, khususnya pemerintah Kota Jayapura. Data ini akan sangat bermanfaat sekali,” imbau Frans. (AY/JT)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *