Kampung Adat Yokiwa, Siapkan Rumah Masyarakat untuk Peserta Serasehan KMAN VI

Arnold Awoitauw

Paraparatv.id | Sentani | Pemerintah kampung Yokiwa distrik Sentani Timur kabupaten Jayapura, menyediahkan rumah-rumah masyarakat adat dan beberapa ruang fasilitas umum untuk dijadikan home stay dan tempat serasehan bagi peserta Kongres Masyarakat Adat Nusantara ( KMAN VI ) pada Oktober nanti.

“Jumlah rumah dan daya tampung tiap rumah, sudah kami serahkan ke Panitia Lokal KMAN VI,” kata Kepala Kampung adat Yowika Arnold Awoitauw, kamis, 22 September 2022.

melalui menyatakan, bahwa Pemerintah Kampung Adat Yokiwa telah menyiapkan rumah-rumah masyarakat dan beberapa ruangan fasilitas umum yang ada untuk dijadikan penginapan bagi peserta sarasehan Kongres Masyarakat Adat Nusantara ( KMAN VI ) pada Oktober nanti.

Arnold selaku Pelaksana tugas juga sebagai Koordinator Serasehan di Kampung Yokiwa, Ketika ditanya Tim Informasi dan Publikasi Media Centre KMAN tentang jumlah dana dan sumber dananya untuk persiapan serasehan, tampaknya Arnold Awoitauw enggan menjawab.

“Saya tidak tahu karena jumlah dana dan sumbernya, hanya bendahara dan Ondoafi yang tahu,” kata Arnold Awoitauw.

Sejumlah rumah Milik warga kampung Yokiwa yang disiapkan untuk menyambut kehadiran duta KMAN VI di Kabupaten Jayapura

Diungkapkan hingga saat ini, pihaknya belum menemukan kendala-kendala dilapangan selama menyiapkan rumah masyarakat untuk dijadikan penginapan bagi peserat KMAN VI, namun dirinya mengharapkan kordinasi soal jumlah peserta yang akan hadir di kampung Adat Yokiwa.

“Cuma saya harapkan koordinasi dari Penitia Lokal KMAN VI. Mereka harus secepatnya memberikan data pasti tentang peserta serasehan,” tegasnya.

Dijelaskan juga, untuk penginapan, selain di Kampung Yokiwa, peserta lain akan menginap di Kampung Puay. “Dalam sistem, adat Kampung Puai dan Yokiwa itu satu kesatuan dalam satu Obhe, yaitu ” Puai Onggi Awoi Obhe,” kata Arnold Awoitauw.

Ketika ditanya tentang persiapan konsumsi, Arnold Awoitauw menjelaskan, bahwa Ibu Bupati Kabupaten Jayapura sudah turun tangan langsung dan melakukan rapat dengan ibu-ibu untuk mempersiapkan konsumsi untuk peserta serasehan. (Redaksi / Vihky MC KMAN)

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.