Example floating
Example floating
Ekonomi

UMKM di Papua Perlu Mendapat Perhatian Khusus

95
×

UMKM di Papua Perlu Mendapat Perhatian Khusus

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id |Jayapura | Kekhasan poduk lokal Papua diharapkan dapat dipasarkan secara offline dan online tidak hanya ke seluruh penjuru negeri namun juga go international.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt Asisten III Bidang Umum Provinsi Papua, Y. Derek Hegemur dalam Acara Puncak Harvesting Bangga Buatan Indonesia Binar Digital Papua di Gor Cenderawasih, Rabu (24/8).

“Diharapkan melalui acara ini, dapat memberikan edukasi dan pemahaman kepada para pelaku UMKM/IKM di daerah Papua untuk mampu adaptif dan kreatif di era pandemi, Indonesia sendiri mendapatkan apresiasi sebagai salah satu negara yang berhasil mengatasi pandemi dan memulihkan ekonomi dengan cepat. Pemulihan ekonomi dalam tren yang terus menguat, tumbuh 5,01 persen pada triwulan I”ujarnya.

Pada triwulan II naik jadi 5,44 persen. Kondisi ekonomi global yang banyak mempengaruhi ekonomi dalam negeri sangat dibutuhkan kemandirian dalam mengelola dan menggunakan produk-produk lokal/dalam negeri.

“Saya meminta agar para UMKM/IKM mendapat perhatian khusus, terlebih dengan masifnya penggunaan teknologi digital sebagai transaksi bagi UMKM memasuki pasar global, Pemprov Papua juga mendorong Percepatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) pada belanja APBD tahun 2022 ini dengan menyediakan e-katalog lokal elektronik”pungkasnya.

Sampai saat ini sudah ada 133 produk, 103 produk dikelola oleh Provinsi Papua, sedangkan 30 produk lainnya dikelola oleh Kabupaten/Kota. Hal ini merupakan komitmen Pemerintah Daerah mendukung instruksi Bapak Presiden untuk memaksimalkan belanja APBD pada produk dalam negeri. (SIL)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *