20 Peserta Ikuti Uji Coba UKBI Adaptif di Balai Bahasa Provinsi Papua

Paraparatv.id |Jayapura | Sebanyak 20 peserta mengikuti Uji Coba Soal Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka.

Uji Coba Soal UKBI tersebut berlangsung di Laboratorium UKBI Kantor Bahasa Provinsi Papua, pada 11-12 Agustus 2022.

Koordinator UKBI Balai Bahasa Provinsi Papua, Yulius Pagappong mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk pengembangan dan penyempurnaan UKBI Adaptif Merdeka sebagai alat uji keterampilan setara dengan toefl dalam bahasa Inggris dan diakui untuk mengukur kemampuan bahasa seseorang baik lisan ataupun tulisan.

“UKBI Adaptif Merdeka memang diharapkan sebagai instrumen pengukur kemampuan berbahasa secara nasional,” ujar Yulius, Jumat (12/8).

Sebanyak 20 orang peserta tersebut terdiri dari berbagai profesi, di antaranya, guru, siswa dan wartawan. Uji Coba Soal UKBI Adaptif Merdeka dilaksanakan empat kali pengujian, dengan empat paket soal yang berbeda.

Di mana, kata Yulius, setiap paket ujian terdiri atas sesi mendengarkan, sesi merespons kaidah, dan membaca.

“Oleh karena itu 20 profesi yang diundang untuk mengikuti uji coba ini akan kelihatan setiap butir soal sesi 1, sesi 2 dan sesi tiga dalam dua hari ini ada empat paket yang diikuti oleh peserta yaitu hari pertama paket 1 pukul 08.00 WIT , kemudian paket ke 2 pukul 13.00 WIT kemudian hari berikutnya paket 3 pukul 08.00 WIT dan paket ke 4 pukul 13.00 WIT”ucapnya.

Dirinya berharap bahwa 20 peserta dari berbagai profesi ini bisa menikmati soal-soal UKBI dan ketika diujikan nanti sudah mepunyai dasar dan pengalaman, bisa dijadikan sikap positif bagi 20 peserta dalam rangka memartabatkan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia.(SIL)

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.