Example floating
Example floating
BERITAPendidikan

Yakenpa Sosialisasi Aplikasi Oky di SMP Bonaventura Sentani

278
×

Yakenpa Sosialisasi Aplikasi Oky di SMP Bonaventura Sentani

Sebarkan artikel ini
Example 468x60




Paraparatv.id | Sentani | Yayasan Noken Papua (Yakenpa) dan Unicef menyelenggarakan Training of Trainer (TOT) bagi siswi Sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Jayapura mengenai Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM).

Aplikasi OKY adalah aplikasi pelacak menstruasi yang dapat diakses menggunakan telepon android bagi remaja perempuan khususnya, kegiatan berlangsung di aula SMP Bonaventura Sentani. Selasa (26/7)

Direktur Yakenpa, Nani Pundu, mengajak pelajar perempuan yang mengikuti pelatihan ini dapat menyebarkan informasi dan menjadi kader OKY.

“Oky adalah salah satu melacak mentruasi setiap bulannya, agar ada persiapan dan perencanaan, dalam masa belajar dari UKS di sekolah, ketersediaan MKM, toilet sesuai jumlah siswa, ketersediaan air bersih harus kita sediakan, mengaungkan untuk pendonload Oky di papua bisa melampaui yang di Jakarta, kita sudah di posisi kedua,”ujarnya.

“Harapanya 15 siswi kader OKY dapat mengajak 100 siswi download OKY dan 15 Wakasek dapat mengajak 200 siswi untuk download Oky dan mengaplikasikan, dan akan menerima sertifikat yang di tanda tangani oleh WASH Officer UNICEF dan Direktur Noken Papua juga mendapatkan hadiah”ucapnya.

Kepala Bidang SMP Dinas pendidikan Kabupaten Jayapura, Yohanes.B. Suadula dalam sambutannya mengatakan aplikasi Oky erat dengan perilaku hidup sehat, membantu teman sebaya pengguna Oky.

“Khusus untuk remaja putri, kalau kita bicarakan mengenai manajemen mentruasi, ini penting untuk perkembangan jaman itu yang dulu tabu, sebenarnya erat sekali dengan perilaku hidup sehat, sekolah menyediakan fasilitas kebersihan. Kita akan menjadi orang yang membantu teman sebaya untuk kenal aplikasi Oky,”katanya.

Aplikasi Oky target utamanya ialah peserta dapat mensosialisasikan Aplikasi Pelacak Menstruasi OKY kepada teman sebaya siswi SMP. Aplikasi ini dibuat oleh UNICEF digunakan oleh 6.800 pengunduh diseluruh tanah Papua. (SIL)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *