TNI AU Paksa Mendarat Pesawat Asing yang Melintas di Biak

banner 468x60

Paraparatv.id |Jayapura| Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) memerintahkan sebuah pesawat sipil yang melintas untuk mendarat secara paksa.


Mengutip dari laman resmi TNI AU, pesawat sipil asing ini tertangkap radar tengah melintas di Kabupaten Biak Numfor, Sabtu (21/05).

Melihat adanya pesawat asing yang tidak dilengkapi dengan nomor penerbangan yang melanggar wilayah udara di Papua, hal inipun dilaporkan ke komando atas sehingga diperintahkan kepada satuan terkait untuk mengerahkan pesawat tempur TNI AU F-16 dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi untuk dilaksanakan force down di Lanud Manuhua.

Setelah mendarat di Lanud Manuhua, pesawat digiring menuju Apron Skadron Udara 27 Lanud Manuhua dengan menggunakan fallow me car dan dikawal ketat dari pasukan pertahanan pangkalan (Sathanlan) dan Satuan Polisi Militer TNI AU(Satpomau) Lanud Manuhua untuk menyergap pesawat asing tersebut.

Sesuai prosedur personel Satpomau Lanud Manuhua membawa pilot untuk pemeriksaan pasport dan kelengkapan dokumen lainnya oleh tim imigrasi, kemudian diserahkan ke tim Bea Cukai dan Karantina pertanian tumbuhan Biak.

Sementara tim Intelijen dan staf Hukum Lanud Manuhua melakukan interograsi kepada pilot dan penumpang untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan.

Rupanya Force down yang dilaksanakan itu hanyalah serangkaian skenario yang dijalankan untuk simulasi.

Dalam pelakasanaan simulasi Force Down kali ini, Lanud Manuhua melibatkan pesawat CN-235 dari Skadron Udara 27 Lanud Manuhua Biak dan Materi latihan kali ini juga menjadi bagian dari Latihan Kilat/Cakra Tahun 2022 yang merupakan latihan dari Kosek III Biak.

Komandan Lanud Manuhua Marsma TNI Ronald L. Siregar, S.T., M.M., M.Tr (Han)., menyampaikan kepada seluruh personel yang terlibat dalam latihan ini agar melaksanakan dengan serius dan sungguh- sungguh serta penuh tanggung jawab agar dapat meningkatkan pemahaman, kemampuan personel, dalam pengendalian operasi force down.

”oleh karena itu saya berharap, apa yang telah dilatihkan dapat dijadikan pengalaman dan pedoman pelaksanaan tugas ke depan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP)” singkatnya. (AI)

banner 336x280
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.