Penyelundupan Vanili ke Jogya Berhasil Digagalkan

Pemeriksaan Vanili di Bandara Sentani (10/5)
banner 468x60

Paraparatv.| Jayapura |Balai Karantina Pertanian Kelas I Jayapura berhasil mengagalkan penyelundupan Vanili senilai 200 Juta yang akan terbang ke Jogja.

Sebelumnya, Balai Karantina mencurigai lima kotak paket dengan keterangan surat muatan udara serta pemberitahuan tentang isi berupa pakaian, barang pindahan dengan volume 200kg yang berada di cargo outgoing gate 1 Bandara Sentani. – JAYAPURA (10/5).

Pada pukul 07.30 WIT, Pejabat karantina wilker Sentani melakukan pemeriksaan pada paket yang dimaksud dan mendapati temuan bahwa paket tersebut berisi Vanili. Berdasarkan pemeriksaan sementara ditemukan dugaan pelanggaran tindak pidana dibidang perkarantinaan UU No.21 Tahun 2019 Tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan.

Setelah itu, Pihaknya bergerak cepat dan kemudian menyegel lima kotak paket yang dimaksud dan dikenakan tindakan penahanan sementara dalam rangka mengamankan media pembawa untuk selanjutnya dilakukan pendalaman lebih lanjut.

Vanili sendiri adalah pemberi rasa atau penghasil aroma yang kerap dipakai dalam produksi hidangan manis. Vanili dihasilkan dari tanaman genus Vanilla, terutama Vanilla planifolia.

Kata vanilla diturunkan dari bahasa Spanyol, vaina yang memiliki arti polong, karena bentuk buah vanila adalah polong masyarakat internasional akan lebih familiar dengan vanilla sementara di Indonesia lebih sering disebut sebagai vanili, proses produksi yang membutuhkan biaya tinggi serta sangat diminati pasar dari domestik hingga mancan negara menyebabkan vanili menjadi salahsatu komonditas pertanian yang bernilai jual tinggi.

Bentuk-bentuk pelanggaran perkarantinaan yang disebabkan karena melalu lintaskan komoditas pertanian tanpa melapor kepada pejabat karantina merupakan tindakan yang akan merugikan pemilik (media pembawa), terlebih akan mengancam keamanan hayati karena dihawatirkan menjadi media pembawa organisme pengganggu tumbuhan karantina.

Guna menghindari kejadian serupa Karantina Pertanian Jayapura terus menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat memberikan informasi kepada balai karantina jayapura.(GR)

banner 336x280
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.