Wujudkan WBK dan WBBM, BKN dampingi Pemkab Jayapura

Panandatangan pakta integritas oleh kepala BKPSDM kabupaten Jayapura ( Febri)
banner 120x600

Paraparatv.id | Sentani | Ujung paling luar dari tugas birokrasi adalah melakukan pelayanan pada  masyarakat , jadi muara dari semua kegiatan di birokrasi adalah bagaimana membuat masyarakat di layani untuk semua kebutuhan hidup.

Hal ini dikatakan Kepala BKN Pusat Bima Haria Wibisana dalam pencanangan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK)  dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Aula kantor bupati Kabupaten Jayapura, Selasa (5/4/2022)

Dikatakan Bima, banyak variabel, banyak unsur  yang harus dipenuhi untuk dapat memberikan pelayanan publik yang terbaik dan memberikan pelayanan publik yang terbaik itu juga merupakan kebutuhan di BKN.

Dalam kurun 7 tahun belakangan ini BKN telah melakukan perubahan dengan sangat signifikan mulai dari sistem,proses bisnisnya,kompetensi orang-orangnya,struktur dan tata cara semua di lakukan perubahan guna memberikan pelayanan terbaik kepada ASN.

“Kami mengajak BKD,BKPP, BKPSDM, seluruh Indonesia untuk bersama-sama BKN mulai  membangun kapasitas dan kompetensi itu, pencanangan zona integritas adalah awal dari upaya kita untuk membangun wilayah bebas korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) nanti kalau sudah terinternalisasi dan dilakukan secara rutin dan disiplin BKPSDM bisa mengusulkan untuk mendapatkan zona integritas dari Menpan, itu adalah proses yang perlu diikuti,” kata Bima.

Pendampingan dari BKN lanjut Kepala BKN,  bertujuan meningkatkan pelayanan dari Badan Kepegawaian dan pengembangan SDM kabupaten Jayapura, untuk bisa melayani ASN secara lebih baik. 

“Jadi kami membantu memberikan pendampingan supaya pelayanan manajemen ASN terutama kepegawaian itu bisa diberikan kepada ASN lain,  sehingga menjadi lebih baik ke depan,”ujarnya.

Semengara itu Bupati Jayapura dalam sambutan yang di bacakan Wakil Bupati, Giri Wijayantoro mengatakan  Pencanangan pembangunan Zona integrasi  menuju WBK dan WBBM di lingkungan BKPSDM Kabupaten Jayapura, keberhasilannya sangat ditentukan oleh Kapasitas, kualitas, dan integritas masing-masing individu yang mempunyai relevansi dalam peningkatan kualitas, kapasitas,  integritas dari organisasi dimana individu tersebut berada dan melakukan kegiatannya.

”Zona Integrasi adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah dimana pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi perhatian bersama,” ujarnya.

Pencanangan zona integrasi merupakan salah satu syarat dari penilaian mandiri reformasi birokrasi yang diamanatkan kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi.melalui pencanagan zona integritas ini merupakan upaya penting pemkab jayapura untuk mencerminkan tekad dan komitmen pemkab jayapura untuk menjadi kan pemkab jayapura zona yang berintegritas sebagai wilayah WBK dan WBBM.(FB/SRI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *