Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BERITAKABAR SENTANI

PDAM Terima Penghargaan TOP BUMD Awards 2022, Ini Kata Bupati Jayapura

×

PDAM Terima Penghargaan TOP BUMD Awards 2022, Ini Kata Bupati Jayapura

Sebarkan artikel ini
Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw
Example 468x60

Paraparatv.id | Sentani | Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura kembali meraih penghargaan Top BUMD Awards 2022 untuk empat (4) kategori.

Kategori ini meliputi penghargaan Top Pembina BUMD 2022 (Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano dan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw), Perumda Air Minum Bintang 4 PDAM Jayapura, Top CEO BUMD 2022 (Direktur Utama PDAM Jayapura Dr. H. Entis Sutisna) dan Top BUMD Bidang Khusus Penyediaan Air Bersih dalam event PON XX di Papua.

Penghargaan ini diterima Direktur Umum Esther M. Tamba mewakili Direktur Utama Dr. H. Entis Sutisna, S.E., M.M., pada acara awarding night di Hotel Raffles Jakarta, Kamis 21 April 2022.

Penghargaan Top BUMD Awards 2022 itu diinisiasi oleh Majalah Top Bussiness yang bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA), Lembaga Kajian Nawacita, serta beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan bisnis.

“Dulu kondisi PDAM yang berantakan luar biasa. Utangnya itu besar sekali, dan mereka tidak mampu menyelesaikan itu. Namun PDAM nya tetap jalan, orang dapat gaji besar, tetapi, utangnya itu besar. Kita masuk rubah semua, kita ganti semua direksinya,” kata Mathius Awoitauw usai menghadiri rapat paripurna,Jumat 22 April 2022.

Setelah PDAM Jayapura mengalami pergantian Direksi, dari direksi yang pertama sudah mulai ada perubahan. Dan kemudian direksi kedua juga sudah ada pemasukan untuk PAD dan itu suatu prestasi yang besar.

“Kalau laporan tadi itu saya pikir tidak terlalu dapat dibayangkan tapi melihat proses yang kita jalankan itu luar biasa. Jadi, kalau PDAM dapat penghargaan termasuk pembinanya itu mungkin penilaian dilakukan dari satu pihak yang melihatnya dan lebih banyak dari penilaian itu adalah melalui media sosial yakni bagaimana informasi-informasi yang di publikasikan dan PDAM ini juga punya bisnis lain yaitu air minum dalam kemasan Robongholo,” ujarnya.

Bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Robongholo yang dimiliki PDAM Jayapura, merupakan suatu inovasi dari PDAM.

“Nah, itu juga di nilai. Bahwa, PDAM tidak hanya jual air saja. Tetapi, dia harus punya bisnis lain yang bisa mengangkat pendapatan asli daerah (PAD). Saya pikir PDAM ini memberikan PAD yang lumayan juga. Dan baru saja kita bentuk, tetapi dia bisa menghasilkan yang luar biasa,” katanya.

“Kita ingin mereka kerja bisnis, tapi juga dengan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dalam menyediakan kebutuhan air minum. Supaya dia memenuhi kebutuhan-kebutuhan dengan cara bisnis tersebut. Oksigen mereka bisa produksi sendiri, mereka bisa jual juga ke rumah sakit lainnya. Jadi, kami beri ruang untuk lembaga-lembaga itu bisa lakukan inovasi-inovasi sendiri dan jangan terlalu berharap APBD. Ternyata mereka bisa hasilkan uang yang luar biasa,” Ucapnya lagi.

Saat ini Perusahaan Daerah (Perusda) Baniyau sedang digenjot untuk dapat menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Jayapura seperti yang dilakukan oleh PDAM Jayapura.(Irf/GR)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *