Jelang Lebaran 2022 Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Siapkan Uang Tunai Rp 1.33Triliun

Petugas BANK Indonesia Wilayah Papua saat melayani pertukaran Uang Tunai
banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Provinsi Papua menjamin ketersediaan dalam memenuhi kebutuhan uang tunai selama Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H.

Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Papua, Juli Budi Winantya mengatakan jelang hari raya Idul fitri 1443 Hiijriyah Bank Indonesia menyediahkan uang tunai seniai Rp. 1.33 Triliun untuk menjaga kebutuhan masyarakat Papua.

“Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua menyiapkan uang tunai sebesar Rp 1.33 triliun. Aktivitas ekonomi masyarakat selama ramadhan dan idul fitri ini meningkat sehingga tentunya kebutuhan akan uang termasuk uang tunai ini juga meningkat,” ungkap Juli Budi Winantya, kepada sejumlah wartawan di Ruang Cartenz Lantai Dua Bank Indonesia Perwakilan Papua, Jumat (8/4/2022).

Juli Budi Winantya mengungkapkan ketersediaan uang tunai di wilayah papua terjadi kenaikan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Terjadinya peningkatan pada tahun ini dikarenakan angkah petumbuhan ekonomi Papua ditriwulan ke-4 bertumbuh hingga 17.16 persen.

“kebutuhan tahun ini April 2022 kita perkirakan selama ramadhan dan idul fitri sekitar Rp. 1.33 triliun, dibanding kondisi ramadhan idul fitri tahun lalu tentunya sekarang lebih tinggi 15.65 persen, tahun lalu diperiode yang sama ramadhan idul fitri hanya Rp. 1.15 triliun,” ujarnya.

Juli Budi Winantya menambahkan dari pemulihan ekonominya, berlanjut ditriwulan 1 dan selama tahun 2022, karena kondisi pandemi yang sudah membaik, sehingga aktifitas ekonomi meningkat tentunya permintaan akan kebutuhan uangnya ini juga lebih tinggi, jadi perkiraan kita 1.33 triliun, dengan berbagai pecahan besar dan kecil.

“Dari total jumlah uang tunai Rp. 1.33 triliun tersebut dibagi pecahan sebesar Rp. 70 miliar untuk uang pecahan kecil terdiri dari pecahan Rp. 20.000 sampai dengan Rp. 1.000 rupiah selebihnya untuk pecahan Rp. 50.000 – Rp. 100.000 rupiah”. jelasnya. *(SIL/JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *