Example floating
Example floating
EkonomiKABAR SENTANIPeristiwa

Genjot PAD, Bappenda Adakan Pertemuan dengan Pemilik Hotel dan Restoran

102
×

Genjot PAD, Bappenda Adakan Pertemuan dengan Pemilik Hotel dan Restoran

Sebarkan artikel ini
Suasana pertemuan dan sekaligus ramah tamah dengan para pengusaha, pemilik dan pengelola hotel maupun restoran, yang dipimpin oleh Sekda Kabupaten Jayapura Dra. Hanna S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP., juga dihadiri Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura Edi Susanto dan Ketua BPC PHRI Kabupaten Jayapura Bambang Zulhadi, S.T., di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa 26 April 2022
Example 468x60

Paraparatv.id | Sentani | Dalam rangka optimalisasi dan juga peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Jayapura mengadakan pertemuan dan sekaligus ramah tamah dengan pemilik hotel dan restoran selaku wajib pajak daerah.

Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura Edi Susanto menjelaskan, sebagai upaya mendorong untuk lebih mengupayakan optimalisasi pendapatan daerah dan juga melakukan hal-hal rencana aksi sesuai arahan KPK.

“Ini juga karena pada dasarnya para pengusaha, pemilik dan pengelola hotel maupun restoran itu adalah mitra pemerintah untuk pemungutan pajak hotel dan restoran. Dikarenakan sumber pendapatan asli daerah itu persentasenya masih tinggi pada sektor pajak daerah, salah satunya pajak hotel dan restoran,” tutur Edi.

Untuk itu, kata dia, diperlukan peran serta dan partisipasi dari wajib pajak daerah dalam upaya meningkatkan PAD Kabupaten Jayapura, khususnya dari sektor pajak hotel dan restoran sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

“Pemasangan pamflet bukan untuk pemaksaan, tapi dalam rangka penyadaran baik kepada pengusaha pemilik hotel dan restoran untuk menyetorkan kembali atas pajak yang dibayarkan oleh para tamunya atau konsumen untuk disetorkan kembali ke kas daerah. Begitupun juga kepada konsumen untuk wajib membayar pajak apa yang mereka nikmati di hotel dan restoran,” tukasnya.

Sekda Kabupaten Jayapura, Hanna S. Hikoyabi, menyampaikan, bahwa sebagai upaya pengelolaan pajak daerah, Pemkab Jayapura telah melakukan terobosan-terobosan dalam pengelolaan pajak daerah.

“Jadi, inti dari pertemuan ini adalah merangkul mitra-mitra kita untuk melakukan lompatan-lompatan baru dalam optimalisasi pendapatan asli daerah. Ada hal-hal baru seperti kita juga akan lakukan penempelan atau pemasangan pamflet di kasir setiap hotel dan restoran. Yakni, setiap orang atau tamu makan dan minum itu ada pungutan pajak yang harus dibayar sesuai aturan yang telah ditetapkan,” ujar Hanna Hikoyabi.

Dalam kesempatan itu, Hanna juga mengimbau kepada seluruh wajib pajak untuk dapat tertib membayar tagihan pajak tahun berjalan maupun tunggakan pajak pada tahun-tahun sebelumnya.

Hanna juga meminta kepada petugas pemungutan pajak untuk tidak bermalas-malasan dalam menjalankan pemungutan pajak kepada wajib pajak.(IRF/SRI)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *