BRI Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif Masyarakat Desa

banner 120x600

Paraparatv id | Jayapura| Dalam rangka mendukung ekonomi kreatif masyarakat di 14 kampung di Kota Jayapura, Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan melakukan pendampingan pelaksanaan ekonomi pada teknis usaha masyarakat.

Pimpinan Cabang BRI Abepura, Zainul Arifin mengatakan pendampingan dan pemberdayaan tersebut akan dilakukan guna pengembangan ekonomi masyarakat desa.

“Jadi misalnya dari kampung itu mau memberdayakan ekonominya apa, nanti kami mendampingi ke pencatatan keuangannya, mendampingi permodalannya selanjutnya untuk pengembangan usaha yang lain dari anggota badan usaha milik desa,” katanya usai mengikuti kegiatan pembinaan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, Rabu (16/3/2022) di Kantor Distrik Abepura.

Disampaikannya, di tahun 2021 BRI hanya mengawal kegiatan ekonomi desa dengan membuat kerajinan noken dan mempersiapkan pemasarannya.

“Kami siapkan rumah kreatif bersama yang ada di tanah hitam, jadi masyarakat yang memiliki UMKM berkesempatan untuk memajang hasil produksinya itu dipasarkan untuk masyarakat luas,” ujarnya.

Bukan hanya di Jayapura dan Papua saja, namun setiap ada tamu dari luar Papua diajak ke rumah kreatif untuk mengenalkan produk-produk masyarakat.

Dirinya berharap semoga tahun ini BRI bisa diberi kepercayaan bukan hanya melakukan pembinaan dan pemberdayaan badan usaha milik desa dan lembaga kerjasama antar desa tetapi juga membantu mengelola keuangan masyarakat.

“Kami akan dorong pendampingan itu, bersama dengan permodalan atau pengelolaan uang kampung itu agar masyarakat bisa memperoleh pendapatannya sendiri untuk mengembangkan kampungnya,” pungkasnya. (KW/SRI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *