KemenPPPA Sambangi Keluarga Almarhumah Suster Gabriella Meilani

Asisten Deputi Pelayanan Perempuan Korban Kekerasan KemenPPPA, Iche Margareth Robin (empat dari kiri) berpose bersama di kediaman Almarhumah Sustter Gabreilla Meilani, Sabtu (12/2/2022). (Foto: Sisil)
banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Perwakilan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) menyambangi rumah kediaman Almarhumah Suster Gabriella Meilani, Tenaga Kesehatan (Nakes) yang menjadi korban penyerangan di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, Senin (13/9/2021).

KemenPPPA telah melakukan koordinasi untuk memastikan adanya perlindungan dan pemenuhan hak korban kekerasan dalam insiden kemanusiaan penyerangan tenaga kesehatan dan guru di Distrik Kiwirok tersebut, dengan memberikan dukungan pendampingan Psikologis serta bantuan  materil bagi korban kekerasan di Distrik Kiwirok tersebut.

Asisten Deputi Pelayanan Perempuan Korban Kekerasan KemenPPPA, Iche Margareth Robin mengatakan sebagai tanda kasih dari KemenPPPA adalah bukti dari kehadiran Negara untuk memberikan bantuan spesifik berdasarkan kebutuhan korban. Kebutuhan korban, lajutnya, ialah bukti dukung yang sudah disampaikan oleh orang tua almarhumah melalui ibu Anisa sebagai fungsional penyuluh sosial madya untuk menganalisa.

“Serta menyampaikan kepada pelaksana komponen yang diketahui oleh Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan menggunakan hak diskresi menteri sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak,” kata Margareth, Sabtu (12/2/2022).

Sarce Sorreng selaku Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Provinsi Papua mengucapkan terima kasih atas bantuan materi dari KemenPPPA. “Terimakasih yang tak terhingga kepada KemenPPPA telah menyatakan kasihnya kepada Masyarakat Toraja apa yang diserahkan bukan karena nilai, tetapi rasa kepedulian yang diharapkan,” kata Sarce.

Komnas HAM Papua yang diwakili Melchior Suban mengatakan hari ini, Minggu (13/2/2022) genap lima bulan peristiwa kejadian Almarhumah Suster Gabriella Meilani, sejak peristiwa sampai hari ini pihak Komnas HAM masih memberikan perhatian kepada keluarga Almarhumah.

“Pimpinan Komnas Ham mengucapkan terimakasih kepada ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atas tanda kasih, tanda cinta, tanda perhatian,  tanda sayang kepada adik adik Nakes terutama kepada Keluarga Almarhumah,” kata Melchior.

Pihak Komnas Ham masih terus berupaya untuk melakukan pemantauan dan penyelidikan kira-kira motif apa sampai adik-adik nakes dan guru yang akhir akhir ini menjadi sasaran kelompok criminal bersejata tersebut.

Dalam Acara Pemberian Bantuan Tanda Kasih ini Dihadiri oleh Pimpinan Ikatan Keluarga Besar Toraja, Pembina IKT Provinsi Papua, Sekretaris Umum IKT Provinsi Papua, Wakil Ketua I, Ketua IKT Kota, Ketua IKT Wilayah 7 Waena, Komnas Ham dan Keluarga besar dari Almarhumah.

Sekedar diketahui, Nakes Almarhumah Suster Gabriella Meilani sementara lainnya alami luka-luka adalah korban kelompok kriminal bersenjata (KKB), Senin (13/9/2021) pagi. Hal ini bermula saat diserangnya TNI-Polri hingga membakar sejumlah fasilitas umum, seperti SD dan puskesmas, di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. (SIL/ITH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *