Gerai Vaksin Serentak Indonesia, Polres Yapen Gencar Vaksinasi

Kapolres Yapen, AKBP Ferdyan Indra Fahmi bersama Dandim 1709, Letkol Inf Catur Prasetiyo dan Tim vaksinator berpose disela-sela Gerai Vaksin Serentak Indonesia (HB)
banner 120x600

Paraparatv.id | Yapen | Kepolisian Resor Kepulauan Yapen kembali melaksanakan gerai vaksin dosis 1, 2 dan boster kepada masyarakat serta para anggotanya secara gratis. berlangsung di Gedung Mambora Polres Yapen.

Pelaksanaan gerai vaksin yang dilakukan secara serentak di seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia ini, di saksikan langsung dengan arahan langsung dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melalui video conference.

Kapolres Yapen AKBP Ferdyan Indra Fahmi menyampaikan, data Vaksinasi yang terinput di database Kementerian Kesehatan melalui dasboard kabupaten kepulauan Yapen sebanyak 29.262 dosis, sehingga bila di persentase terhadap target vaksin mencapai 23,6 persen diantaranya dosis 1 sebanyak 16.947 (27%), Dosis 2 sebanyak 12.131 ( 19,6%) sedangkan dosis 3 atau boster 184 orang (0,3%).

Pelaksanaan vaksinasi yang di laksanakan oleh Polres Kepulauan Yapen yang dibantu tim vaksinator dari Kodim 1709/Yawa dan Dinas kesehatan Yapen, Kapolres targetnya adalah sebanyak 300 sampai 400 orang dalam satu hari ini.

“melihat angka persentase yang baru mencapai 23,6% bila vaksinasi dilakukan secara konsisten minimal dalam satu hari bila Poliklinik Kodim, Poliklinik Polres ditambah dengan PKM yang ada jika minimal 100 orang atau dosis perhari dapat dilakukan selama kurun waktu 1 bulan, diawal bulan April nanti bisa mencapai diatas 50% karena target dari pemerintah 70% untuk zona hijau Covid 19, namun ini kita masih diangka 23 persen tentunya ini masih jauh tetapi kita mencoba untuk masuk diangka 50 persen sehingga dapat masuk di zona kuning”.tandas Kapolres Yapen, Jumat 25 Februari 2022.

Kapolres menambahkan, pelaksanaan vaksinasi di Polres Yapen juga menyasar kaum lansia yang mana terdata sebanyak 683 orang dan baru 399 lansia yang mendapatkan vaksinasi sehingga jumlah tersebut baru mencapai sekitar 51 persen.

Selain itu pemberian dosis terhadap kaum lansia, dewasa maupun remaja pihaknya juga menyasar anak-anak sekolah, dimana sejak bulan Desember 2021 lalu telah melakukan pemberian vaksin ditingkat Sekolah Dasar, SMP dan SMA sederajat, sehingga memasuki bulan Februari tahun ini Polres Kepulauan Yapen sendiri telah memberikan vaksinasi terhadap 3.976 orang.

“Kita berharap kepada pemerintah daerah maupun poliklinik Kodim untuk kita lebih masif lagi, Kita bisa memberikan pemahaman ke masyarakat dan kita bersinergi semakin solid tentunya target yang diharapkan dapat tercapai sehingga daya tangkal atau imun masyarakat semakin kuat dan mampu mengurangi terpapar dari Covid 19,” ujar Kapolres Ferdyan.

Bedasarkan data dari Dinas kesehatan kabupaten, kepulauan Yapen ungkap Kapolres pada 2 pekan sebelumnya terdapat lonjakan cukup signifikan terhadap orang yang terpapar Covid 19 di Kabupaten ini, yakni mencapai 90 orang namun berkat upaya Dinas kesehatan bersama TNI-POLRI hingga saat ini dilaporkan sudah hanya 18 orang yang menjalani isoman.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga meminta kepada rekan-rekan awak media untuk dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak terprovokasi oleh informasi-informasi bersifat hoaks bahwa dampak dari vaksin itu merugikan atau menimbulkan dampak yang tidak benar.

“Itu semua tidak benar, karena sampai hari ini dari 4000 orang yang telah divaksin oleh Polres sendiri semuanya keadaan sehat-sehat dan baik-baik saja,Tidak ada yang namanya menimbulkan masalah kesehatan baru,” tandas Kapolres, AKBP Ferdyan Indra Fahmi.

Untuk diketahui, pelaksanaan gerai vaksin di Polres kepulauan Yapen kali ini juga memberikan door prize berupa kipas angin, Dispenser, Setrika, HP hingga SIM gratis kepada masyarakat yang datang vaksin dosis, 1,2 dan Boster.(HB/JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *