131 CPNS Kota Jayapura Terima Pembekalan

banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Sebanyak 131 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahap dua (2), Golongan III, Angkatan IV, V, VI dan VII tahun 2021 di lingkungan pemerintah Kota Jayapura dibekali dengan kurikulum pelatihan dasar berbasis on/off kampus.

Pelatihan dasar (latsar) ini mewajibkan para CPNS mengikuti proses pembelajaran serta pelatihan kurang lebih selama 18 hari efektif di ruang kelas dan 30 hari berikutnya yaitu mereka langsung ditempatkan ke instansi atau satuan kerja masing-masing sebagai wujud implementasi ilmu yang telah diterima selama on kampus.

Robert J. Betaubun mengatakan kurikulum yang diterapkan dalam pelatihan dasar cpns tahun 2021 ini telah berbenah dari tahun sebelumnya atau yang kerab dikenal dengan sebutan pendidikan pra-jabatan.

“Perbedaannya bahwa dengan pembelajaran 18 hari kemudian dilanjutkan dengan off kampus itu bagian dari pada mengasah kesiapan aparatur sipil negara ini untuk lebih terampil dan lebih cakap saat kembali ke unit kerja masing-masing.” Kata Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Jayapura itu kepada awak media usai penutupan kegiatan latsar cpns di main hall kantor Wali Kota Jayapura. Rabu, (15/12/2021).

Robert Betaubun menambahkan bahwa saat ini di lingkungan ASN, membutuhkan daya analisa yang mumpuni agar dapat membenahi kinerja sesuai kebutuhan di satuan kerja masing-masing.

“Dulu kita hanya buat kertas kerja, sekarang ini bagaimana seorang ASN dia bisa menganalisis, bisa melakukan kajian, sehingga pada saat dikembalikan ke unit kerja, ASN dapat mengkaji minimal bisa melakukan studi-studi kasus dalam unit-unit kerjanya untuk melakukan perubahan. Dulu tidak ada hal itu. Dibuat sekarang ini untuk mengasah kemampuan analitik CPNS itu sendiri.” Jelasnya.

Pihaknya berharap melalui kurikulum baru yang telah diterima 131 CPNS Golongan III tahun 2021 ini dapat meningkatkan daya kritis dan analisis mereka guna mengentaskan berbagai dinamika dalam tubuh birokrasi pemerintahan menuju pelayan prima kepada publik.

Boyke Semuel Jufuway, Kabid. Kerjasama, Pengembangan dan Evaluasi BPSDM Provinsi Papua yang hadir mewakili Kepala BPSDM Provinsi Papua dimomen yang sama, memberi apresiasi kepada Pemerintah Kota Jayapura yang telah menunaikan pelatihan dasar CPNS tahap dua (2), Golongan III tahun 2021.

Semuel Jufuway menuturkan setelah BPSDM Provinsi memberikan ijin prinsip atau surat penyelenggaran pelatihan dasar cpns di lingkungan pemerintah Kota Jayapura, dua tahap telah dilaksanakan secara memuaskan dan sekaligus dapat menjadi tolok ukur bagi kabupaten lainnya yang masih tertunda pelaksanaan latsar cpns.

“Dari pantauan kami, setelah kami berikan ijin prinsip, pelaksanaan di Kota Jayapura sangat memuaskan bagi kami, pelaksanaannya baik, fasilitasnya juga baik, pengajar juga baik, dan hak-hak pengajar diberikan dengan baik, kami apresisasi dan berterima kasih kepada Pemkot lewat BKPP Kota Jayapura yang telah melaksanakan dua tahap latsar Kota Jayapura dan formasi 2018 sudah diselesaikan semua di tahun 2021 sehingga para lulusan dapat diurus untuk menjadi PNS.” Ujarnya.

Kegiatan pelatihan dasar CPNS Kota Jayapura,  dikatakan Semuel Jufuway, pencapaian hasil kegiatan dan hasil penyelenggaraan mencapai target seratus persen. Karenanya, mewakili pemerintah Provinsi Papua, pihaknya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala BKPP Kota Jayapura. (AY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *