SIMACE, Aplikasi Mudahkan Pendataan Sesuai BPS

banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Mempermudah Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) dalam pendataan Statistik,  Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua meluncurkan aplikasi Statistical Management and Collaboration System (SIMACE).


Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua, Adriana Carolina menegaskan aplikasi SIMACE  merupakan sebuah sistem yang mampu memenuhi kebutuhan tata laksana data statistik di tanah Papua. 

Adriana menuturkan dengan banyaknya data yang beredar dan dirilis oleh OPD maupun instansi di Papua,  BPS menyadari perlunya wadah untuk pengumpulan data itu, bukan hanya mengkomplikasi data yang telah terkumpul tetapi juga membantu melengkapinya sesuai dengan prinsip satu data indonesia atau SDI.

Aplikasi SIMACE ini, kata Adriana sebagai salah satu inovasi dalam rangka upaya pelaksanaan pembinaan statistik di Provinsi Papua. 

“Jika sebelumnya BPS masih berfokus pada fungsi penyedia data statistik, sejak 2020 BPS papua telah berupaya meningkatkan peran sebagai pembina data statistik yang juga telah dituangkan dalam rencana strategis BPS Papua,” katanya usai launching Selasa (30/11/2021)

Kedepannya, aplikasi ini akan mencakup kompilasi data sektoral, meta data statistik, rekomendasi statistik sektoral dan menu pembinaan statistik yang dapat diakses dan dapat digunakan oleh statistik sektoral. 

Menurutnya, aplikasi SIMACE ini merupakan one get system yang berupa web aplikasi yang merangkum dan mendokumentasikan kegiatan statistik sektoral.

” Kami harap ini menjadi awal bagi kolaborasi BPS dengan OPD dan instansi di tanah Papua, dan dengan adanya aplikasi ini, OPD dapat lebih mandiri dalam hal input data dan pendataan sendiri,” katanya.

Dia menjelaskan pihaknya menjamin keamanan pengguna ketika menggunakan aplikasi SIMACE karena tidak sembarang orang bisa mengakses data-data internal di dalamnya. (*/sri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *