Pemerintah Kota Jayapura Raih Pembina Terbaik Top BUMD Awards Tahun 2021

0
43
Wali kota Jayapura, DR Drs. Benhur Tomi Mano MM

Paraparatv.id | Jayapura | Wali Kota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM meraih penghargaan bintang 4 di ajang Top BUMD Awards tahun 2021, sebagai Pembina Terbaik PDAM Jayapura. Aspek penilaian tak lepas dari binaan kepala daerah dalam meningkatkan kinerja PDAM, seperti manajemen keuangan dan SDM, inovasi sistem teknologi informasi, serta diversifikasi usaha.

“Wali Kota Jayapura berturut-turut meraih penghargaan Pembina Terbaik Top BUMD, pada tahun 2019, 2020 dan 2021. Penghargaan tersebut didasarkan atas penilaian 4 kriteria, antara lain dukungan dan motivasi perbaikan manajemen keuangan dan sumber daya manusia dibuktikan dengan audit dari BPKP, yang menghasilkan opini PDAM Jayapura dalam kondisi sehat. Kedua, inovasi sistem teknologi informasi di mana PDAM Jayapura mampu mengembangkan aplikasi Si PDAM Pintar (SiPDAM) dan Georgaphic Information System (GIS) dan PDAM Info,” kata Direktur Utama PDAM Jayapura Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM saat menerima penghargaan di Jakarta, Jumat (10/9).

Inovasi dalam bidang teknologi informasi menjadikan PDAM semakin mendasarkan pada teknologi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan terkhusus dalam membayar tagihan rekening air secara tepat waktu di platform yang sudah ditentukan. Aspek penilaian Ketiga adalah PDAM Jayapura juga sudah melakukan sistem digitasi seluruh jaringan distribusi, serta transmisi. Untuk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dari intake sedang dilakukan pemetaan digital.

Keempat, penilaian kontribusi kepada pemerintah daerah dalam bentuk PAD yang pada tahun 2019 memperoleh laba Rp 2 Milyar, serta tahun 2020 memperoleh kenaikan laba Rp 2,5 Milyar. Pendapatan PDAM Jayapura didukung juga dengan diversifikasi usaha, saat ini sudah menghasilkan dua merek dagang yakni AMDK Robongholo dan Nanwani, yang juga sudah resmi menjadi minuman pada ajang PON XX dan Peparnas XVI di Papua. (*Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here