Program Anti Perundungan Anak Segera Diterapkan

0
143
suasana peluncuran program pencegahan perundungan (Roots) tingkat SMP se-Tanah Papua. (Foto: AY)

Paraparatv.id | Jayapura | Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah (PPAD) mendukung penerapan program pencegahan perundungan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang diprakarsai oleh UNICEF.

Program cegah perundungan anak di sekolah ini sedianya akan diterapkan di dua kabupaten dan satu kota di Provinsi Papua yaitu, Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura, dan Kota Jayapura.

“Kita mulai dari sekarang, dan tiga kabupaten ini kita coba dulu kalau sudah berarti (dari pihak) provinsi nanti merekomendasikan beberapa kabupaten lagi.” Kata Kepala Bidang Pendidikan Khusus, Dinas PPAD Provinsi Papua, Laorens Wantik usai mengikuti peluncuran program pencegahan perundungan tingkat SMP. Selasa (26/6/2021).

Program yang menekankan pentingnya pendidikan karakter kepada anak usia sekolah tingkat menengah pertama ini, bila menunjukan hasil yang baik maka akan diimplementasikan ke jenjang sekolah menengah pertama.

“Bisa implementasi untuk naik ke atas (jenjang SMA). Jadi kalau SMP sudah berhasil, model itu (program Roots) kita pakai di SMA dan SMK.” Kata Wantik.

Sementara, evaluasi pada program pencegahan perundungan tingkat SMP se-Papua akan dilakukan setelah enam bulan berjalan di kabupaten/kota.

Kegiatan yang diinisiasi oleh UNICEF bersama UNIMUDA Sorong ini berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Para peserta yang hadir adalah kepala sekolah menengah pertama yang berasal dari Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura, dan Kota Jayapura.

Peluncuran program tersebut ditandai dengan bubuhan tanda tangan pernyataan komitmen oleh sejumlah kepala sekolah dan perwakilan Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Jayapura. (AY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here