HS: Mendagri Harus Beri Penjelasan

0
97
Pemerhati Pemerintahan Papua, Habelino Sawaki. Foto Istimewa)

Paraparatv.id | Jayapura | Adanya dugaan Miskomunikasi atau tidak berjalannya komunikasi dengan lancar di Pemerintah Provinsi Papua, dugaan ada perbedaan informasi di dalammnya. Muncul komentar hangat dari Habelino Sawaki selaku Pemerhati Pemerintah Papua.

“Adalah berlebihan jika kita menuduh pak Sekda Provinsi Papua hendak melakukan kudeta terhadap Gubernur Prov. Papua, sebab beliau dalam posisi melaksanakan perintah dari kemendagri.

Ia katakana mungkin lebih tepat jika masyarakat mempertanyakan pengangkatan sekda sebagai PLH Gubernur Papua kepada pihak kementrian dalam negri. “Jangan sampai kita membuat hubungan antara Pak Sekda dan Pak Gubernur menjadi kurang harmonis,” kata Hebelino.

Dirinya mensinyalir adanya upaya membunuh karakter Sekda Papua serta upaya membuat rusuh Papua dengan menunggangi dan mendramatisir persoalan.  “Kalau peduli dengan pak Gubernur mengapa tidak bantu dan perhatikan kesehatan pak Gubernur sejak dahulu. Jangan monentum ini dipakai untuk cari muka, cari popularitas demi kekuasaan,” imbuhnya.

Ia mmengajak agar memberikan pendidikan politik yang baik untuk rakyat Papua, dan kalau kurang atau tak adanya komunikasi, bersama-sama meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk memberi penjelasan. “Kurang elok jika kita menuduh Sekda Provinsi Papua hendak melakukan kudeta,” tutupnya.

Sebelumnya, Berdasarkan Surat Mendagri Nomor 857.2590/SJ tanggal 23 April 2021, kata Jubir Gubernur Papua M. Rifai Darus, disebutkan bahwa penyelenggaraan pemerintah tetap melalui koordinasi kepada Gubernur Papua.

“Namun praktik kemarin memperlihatkan bahwa ketentuan yang mewajibkan adanya koordinasi kepada Bapak Lukas Enembe diacuhkan dan tidak digunakan.” kata Rifai.

Dikatakannya, dalam waktu dekat Gubernur Papua Lukas Enembe akan melaporkan dugaan mal administrasi ini kepada Presiden Republik Indonesia dan juga akan memberikan penjelasan secara terbuka kepada masyarakat Papua.

“Masyarakat Papua diminta untuk tetap bijak dalam menerima dan menyaring segala bentuk informasi yang keliru berkaitan dengan Gubernur Lukas Enembe. Gubernur meminta agar Rakyat Papua tidak terprovokasi atas isu apapun,” ujarnya. (Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here