Tahun 2021 Diizinkan, Tarawih di Masjid Baiturrahim Kotaraja Tetap Jaga Jarak

0
79
Suasana Sholad Tarawih dimasjid bathulrahim BTN skyland, Senin, 12 April 2021.

Paraparatv.id | Jayapura | Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, warga Kota Jayapura masih antusias menyambut datangnya Bulan suci Ramadhan 1442 H/2021 M. Hal itu terlihat dari penuhnya jamaah shalat Tarawih di Masjid Baiturrahim, BTN Skyline Kotaraja, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Senin malam (12/4/2021).

Pantauan wartawan media online ini, gelombang jamaah shalat Tarawih di masjid Baiturrahim Kotaraja itu sudah mulai berdatangan selepas ba’da Maghrib. Umat Muslim seolah tak ingin melewatkan ibadah sunnah di malam pertama di bulan penuh berkah itu.

“Alhamdulillah, masih bisa berjumpa dengan bulan suci di tahun ini. Apalagi setahun kemarin pandemi dan tidak diperbolehkan laksanakan shalat tarawih ya. Makanya, sejak habis maghrib sudah di sini biar tidak terlambat. Rasanya kurang afdal kalau tidak shalat tarawih pertama di masjid,” kata Erwin, salah satu jamaah Masjid Baiturrahim, BTN Skyline Kotaraja, Kota Jayapura.

Meski begitu, pihak takmir Masjid Baiturrahim Kotaraja sadar betul bahwa pandemi belum usai meski sudah berjalan setahun lebih. Takmir masjid tetap memberlakukan protokol kesehatan mulai pengecekan suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer, memakai masker hingga jaga jarak.

“Kalau saya tetap patuhi aturan pemerintah, karena tahun lalu saya shalat tarawih di rumah saja. Kalau sekarang sudah agak berani karena sudah diperbolehkan oleh pemerintah, makanya tadi saya sudah wudhu dari rumah,” imbuh Erwin.

Terpisah, Ketua Dewan Pembina 11 Masjid di Kotaraja, H. Darwis Massie, SE, menyampaikan shalat Tarawih malam pertama di bulan suci Ramadhan tahun ini tentunya umat Muslim terkhusus yang ada di Kota Jayapura sangat merasakan suatu kebahagiaan yang luar biasa. Karena tahun lalu, umat Islam tidak bisa melaksanakan shalat Tarawih berjamaah di masjid.

“Sehingga pada tahun ini dengan diperbolehkannya shalat tarawih di masjid itu merupakan suatu kebahagiaan tersendiri. Karena melihat antusias warga khususnya umat Islam untuk pergi ke masjid melaksanakan ibadah shalat tarawih itu sangat tinggi. Terlihat tadi di Masjid Baiturrahim itu penuh, bahkan sampai meluber ke luar pelataran masjid,” jelas Darwis Massie yang juga Ketua Dewan Pembina Masjid Baiturrahim BTN Skyline Kotaraja itu pada wartawan media online ini usai pelaksanaan shalat Tarawih, Senin (12/4/2021) malam.

Sementara itu, secara kebijakan dari Pemkot Jayapura juga mengizinkan pelaksanaan shalat Tarawih di Bulan Suci Ramadhan 1442 H/2021 M di masjid dan musholla asalkan dengan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat.

Namun dengan diperbolehkannya shalat Tarawih di masjid, kata Darwis Massie, takmir masjid atau panitia amal Ramadhan di Masjid Baiturrahim Kotaraja tetap memberlakukan protokol kesehatan ketat.

“Jadi wajib untuk memakai masker, disetiap tempat air wudhu disiapkan sabun antiseptik, kemudian masuk di dalam mesjid kita pakai pengatur suhu badan guna mengantisipasi jangan sampai ada yang sedikit terganggu kesehatannya masuk ke masjid. Itu menjadi perhatian kita, sehingga orang yang masuk ke dalam masjid itu benar-benar sehat, kemudian jaraknya juga kita tetap atur agar tidak terlalu berdekatan antara jamaah satu dengan jamaah yang lainnya,” terang Anggota DPR Papua ini.

Ketika ditanya masih adanya masjid yang belum menerapkan Protokol Kesehatan, menurutnya, itu merupakan hal yang tidak tepat, karena saat ini kita masih dalam keadaan pandemi Covid-19. Karena ada imbauan dari pemerintah baik Provinsi Papua maupun Kota Jayapura, yang membolehkan untuk melaksanakan shalat Tarawih berjamaah di mesjid dengan catatan harus menerapkan protokoler kesehatan secara ketat.

“Oleh Karena itu, kami juga imbau kepada seluruh mesjid yang lain-lain untuk tetap menerapkan protokoler kesehatan. Itu juga kan untuk demi kesehatan kita bersama,” imbuh Ketua Dewab Pembina 11 Masjid di Kotaraja, Kota Jayapura.

Darwis Massie mengharapkan agar umat Muslim di Kota Jayapura bisa memanfaatkan bulan suci Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya.

“Marilah kita manfaatkan sebaik-baiknya Bulan Suci Ramadhan ini, untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dengan melaksanakan berbagai kegiatan ibadah dan kegiatan-kegiatan sosia lainnya,” harap pria yang juga Ketua DPP KKM Bone Papua tersebut.

“Di bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh ampunan dan bulan penuh berkah ini, kita berdoa kepada Allah SWT agar secepat mungkin kita bisa terhindar atau kita bisa keluar dari pandemi Covid-19 ini. Kita berdoa mudah-mudahan di bulan suci Ramadhan ini, kita di jauhi dari virus Corona,” tukas Darwis Massie yang juga Legislator PKS Papua ini. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here