Pemkot Jayapura Latih 60 Pencaker Yang Siap Pakai

0
136
Foto pencaker bersama walikota dan para pemateri

Paraparatv.id | Jayapura | Sebanyak 60 orang tenaga pencari kerja jalani pelatihan ketrampilan agar lebih siap untuk dipakai pada tempat dia bekerja nanti.

Pelatihan mengemudi dan ketrampilan menggunakan computer berlangsung hampir 3 minggu dibuka secara resmi oleh Wali Kota Jayapura, Kamis 4 Maret 2021.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan, melalui pelatihan keterampilan tersebut diharapkan, dapat mempersiapkan tenaga kerja yang siap pakai di dunia kerja, sekaligus dapat menciptakan lapangan kerja baru, dalam jumlah dan kualitas yang memadai dan dapat terserap dalam lapangan kerja.

Menurutnya, permasalahan ketenagakerjaan, khususnya dalam hal peningkatan SDM tenaga kerja, baik memalui pelatihan, bimbingan / training dan lain sebagainya, adalah menjadi tanggung jawab kita bersama, baik pemerintah, BUMN, BUMD, dunia usaha, swasta, LSM, maupun masyarakat, agar kedepannya pencari kerja dapat lebih terampil, profesional dan memiliki kopetensi (daya saing), sehingga dengan keahlian yang dimiliki dapat berguna menghidupi diri sendiri dan keluarga.

“Kepada peserta pelatihan saya berpesan, agar memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaikbaiknya dan ikutilah seluruh rangkaian kegiatan pelatihan ini dengan serius dan sungguhsungguh, serta patuh pada aturan hingga selesaiSehingga kedepannya diharapkan peserta pelatihan dapat terserap dalam dunia kerja dan membuka lapangan kerja baru, guna membantu dan menumbuh kembangkan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Wali Kota juga menyampaikan terima kasih kepada pimpinan lembagalembaga pelatihan kerja swasta sebagai mitra pemerintah serta para instruktur, dalam memberi pembekalan ketrampilan kepada pencari kerja di kota Jayapura.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja kota Jayapura, Djoni Naa, SE, M.Si mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut yaitu,  untuk meningkatkan keterampilan bagi para pencari kerja yang ada di kota Jayapura, yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja, menyediakan lapangan kerja bagi para pencaker di kota Jayapura dan mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten pada bidang kejuruan yang dilatih agar para pencari kerja bisa bersaing.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini direkrut dari 5 distrik yang memenuhi persyaratan salah satunya memiliki KTP kota Jayapura. Peserta pelatihan komputer sebanyak 40 orang dan pelatihan mengemudi peserta sebanyak 20 orang.  Khusus untuk pelatihan mengemudi setelah pelatihan akan mendapat sertifikat dan SIM A,” jelasnya. **Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here