Atlit Papua Harus Raih Emas Olah Raga Air PON XX 2021

0
103
Salah satu pemenang lomba renang 1.500 meter dari Satpolairud Polres Jayapura saat menyentuh garis finish pertama dalam perlombaan renang di Danau Sentani, Kampung Ifar Besar, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (2/2/2021). (Foto: Nesta)

Paraparatv.id | Sentani | Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) X Jayapura menyaring dan mengasah perenang asal Papua dalam event lomba olah raga air di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura.  Event ini sebagai bentuk dorongan Lantamal X Jayapura agar Papua dapat menoreh emas dari olah raga air di Pekan Olah raga Nasional (PON) XX 2021 mendatang.

Komandan Lantamal X Jayapura Laksamana TNI Yeheskiel Katiandagho mengaku pihaknya ikut aktif untuk menyukseskan penyelenggaraan PON XX 2021 dengan menyiapkan bibit-bibit unggul dari Papua. Kegiatan ini, lanjutnya, melibatkan masyarakat lokal di wilayah setempat. Karena, pihaknya juga sejauh ini melakukan pembinaan-pembinaan di desa-desa pesisir.

“Jadi tujuan dari kegiatan ini, pertama saya ingin mencari bibit-bibit unggul. Khususnya olahraga perairan untuk masyarakat Papua. Kemudian kegiatan lomba itu juga sebagai bentuk persiapan untuk atlet-atlet Papua agar bisa merebut medali emas,” kata Laksamana TNI Yeheskiel Katiandagho, Selasa (2/2/2021).

Ia sangat optimis melalui kegiatan olahraga perairan ini merupakan salah satu ajang untuk menjaring dan mencari bibit-bibit atlet terbaik untuk diikutsertakan dalam lomba atau event kejuaraan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Papua ini juga memiliki danau yang sangat luas, memiliki Laut Pasifik dan ini sangat unik. Sehingga ini dijadikan alat untuk dipakai untuk menggali dan mencari bibit-bibit atlet yang dimiliki oleh Papua,” ujarnya.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Timothius J. Demetouw mengapresiasi kegiatan yang di gagas Lantamal X Jayapura dan memperlihatkan kepada masyarakat serta Pemerintah Kabupaten Jayapura atas dukungannya menuju PON XX 2021 mendatang.

“Harapan kami, dengan adanya kegiatan ini dapat menjaring bibit-bibit atau potensi-potensi muda dari Papua yang berasal dari kabupaten Jayapura,” kata Timothius.

Kategori yang di ikutsertakan dalam perlombaan yakni lomba renang, lomba selam dan lomba dayung perahu tradisional dan berlangsung di Kampung Ifar Besar, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Peserta lomba ini di ikuti masyarakat umum, anggota Polri dan TNI. (Nesta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here