Sah, “Mamberamo Raya Miliki Bupati dan Wakil Bupati Baru”

0
314

Paraparatv.id | Mamberamo Raya| Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati John Tabo dan Ever Mudumi, yang diusung Partai Golkar, PDIP, PSI dan Partai Berkarya, ditetapkan sebagai pemenang pada Pemilihan Kepala Daerah, Kabupaten Mamberamo Raya, yang berlangsung serentak di 11 Kabupaten di Provinsi Papua.

Penetapan Pasangan John Tabo-Ever Mudumi, berlangsung di Kantor KPU Mamberamo Raya, selama 3 hari, sejak Minggu hingga Rabu, 13-16 Desember 2020, melalui rapat pleno KPU Kabupaten Mamberamo Raya. Yang di Hadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Papua, Yaitu Theodorus Kosay, selaku Ketua KPUD Mambra, Melkias Kambu, Fransiskus Anthonius Letsoin dan Diana Dorthea Simbiak. Yang kemudian ditetapkan dalam satu keputusan KPUD Mamberamo Raya, Nomor 200/PL.02.06-Kpt/9120/KPU-Kab/XII/2020.

Hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara yang dilakukan secara manual di KPUD Mamberamo Raya, Pasangan John Tabo dan Ever Mudumi, unggul dengan perolehan suara 8.577, dari tiga pasangan calon lainnya yaitu, pasangan Dorinus Dasinapa dan Andris Maay, dengan jumlah suara, 4.929, Robby Rumansara dan Lukas Yantje Puny, 6.015 suara serta Kristian Wanimbo dan Yonas Tasti, dengan jumlah suara sebanyak 5.615. Dengan hasil yang dicapai, pasangan John Tabo-Ever Mudumi, unggul dengan presentasi 34 persen.

Setelah dilakukan penetapan hasil penghitungan suara Pilkada Mamberamo Raya, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serta penyerahan SK Penetapan Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilkada Mambra, kepada masing-masing kandidat oleh Ketua KPU Provinsi Papua, yang juga sebagai Ketua KPUD Kabupaten Mamberamo Raya, Theodorus Kosay.

Wakil Menteri (Wamen) PUPR John Wempi Wetipo bersama John Tabo saat berkampanye di pedalam kabupaten mamberamo raya

Untuk diketahui, dari empat pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Mamberamo Raya, yang hadir mengikuti Pleno Penetapan Rekapitulasi Penghitungan suara Pilkada Mamberamo Raya, hanya pasangan John Tabo-Ever Mudumi. Walau ketiga paslon tidak hadir, rapat pleno rekapitilasi penghitungan suara Pilkada Mambra tetap berlangsung.

Menurut Ketua tim Koalisi JTEM yang mengusung motto Arus Perubahan Mamberamo Raya, Elias Basutey, pasangan John Tabo Ever Mudumi unggul di dua Distrik, yaitu di Distrik Mamberamo Hulu dan Distrik Rofayer dengan jumlah perolehan suara sebanyak, 2.580 dan 2.394. Sedangkan di Distrik Mamberamo Tengah, Pasangan John Tabo menempati urutan kedua dengan jumlah suara 1.563.

“Pa John Tabo dan Ever Mudumi Menang di dua Distrik, Masing-masing di  Distrik Mamberamo Hulu Dan Distrik Rofayer, dengan total suara dari dua Distrik ini sebanyak  4.974 suara,”terang Elias Basutey.

Lanjut Elias, perolehan suara pasangan John Tabo-Ever Mudumi, di enam Distrik lainnya yaitu, di Distrik Mamberamo Tengah, 1.563, di Distrik Mamberamo Tengah Timur, 733, di Distrik Mamberamo Hilir, 278, di Distrik Waropen Atas, 283, di Distrik Sawai, 454, dan di Distrik Benuki, 292.

Dengan ditetapkannya Pasangan John Tabo-Ever Mudumi Sebagai Bupati dan Wakil Bupati, Pilkada Kabupaten Mamberamo Raya, Periode 2021-2026, disambut baik Masyarakat Mamberamo Raya. Menurut Rahmat, yang juga tokoh pemuda di Kasonaweja, selama hampir lima tahun dimasa kepemimpinan pemerintahan sekarang ini, mereka tidak melihat adanya sentuhan pembangunan di Kabupaten Mamberamo Raya. Dengan adanya Bupati yang baru, mereka berharap akan ada perubahan yang berarti di Kabupaten Mamberamo Raya.

John Tabo Saat disambut warga mamberamo Raya

“Kami sangat bersukur, bahwa hari ini telah ada Bupati dan Wakil Bupati yang baru, hasil Pilkada serentak 9 Desember lalu. Harapan kami, Bapa John Tabo dan Bapa Ever Mudumi, dapat membawa keluar Kabupaten Mamberamo Raya dari ketertinggalan dalam semua bidang kehidupan masyarakat. Kami berharap delapan program yang menjadi prioritas utama yang ditawarkan dapat diwujudkan di Kabupaten Mamberamo Raya,”tegas Rahmat.

Delapan Program Skala Prioritas Pasangan John Tabo-Ever Mudumi, diantaranya, Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, Telekomunikasi, Sosial dan Budaya.

Berikut Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mamberamo Raya, yang berlangsung di ruang rapat KPUD Mamberamo Raya, 13 hingga 16 Desember 2020.**djp**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here