Menengok Persiapan Festival Yapen Spirit 2020

0
135

Laporan : Herman Betta


Serui | Paraparatv.id | Untuk membantu para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Kepulauan Yapen ini, DPD Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan ( JPKP ) di Yapen dengan menggandeng, Komunitas Office aplikasi bajalan, dan Forum Komunitas Peduli Yapen merancang sebuah kegiatan Festival YAPEN SPIRIT bertemakan “Kreatif di Era New Normal”.

“Kami saat ini sedang melakukan berbagai persiapan, baik berkoordinasi dengan pemerintah daerah, dinas pariwisata, juga dengan pihak keamaan, tentunya semua itu juga akan tetap mengacuh dengan protokol kesehatan covid-19”.ucap Yanes Yowei,S..Kep,Ns selaku Ketua DPD Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan ( JPKP ),saat di temui di ruangan kerjanya. Kamis, 10 September 2020.

Yanes tambahkan, dalam persiapan Festival Yapen Spirit yang di rencanakan akan di laksanakan pada tanggal 28 Oktober 2020 bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, dengan mengambil lokasi di lapangan lama bandar udara serui, jelaskan bahwa, Yapen memiliki potensi yang perlu digunakan dan diangkat ke permukaan agar menjadi berkat bagi sesame dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, termasuk akan menampilkan berbagai hasil-hasil kerja selama 2 periode kepemimpinan Bupati Yapen Tonny Tesar dan Wakil Bupati Yapen Frans Sanadi lewat pameran.

“Potensi alam di yapen banyak, namun yang lebih menonjol itu apa selain dari tempat-tempat wisata, kita ingin adanya suatu ciri khas khusus yang menjadi icon yapen, seperti halnya makanan, ukiran atau beberapa khas lainnya, ya sebagai oleh-oleh yang bisa di bawah dari yapen,”Jelasnya.

“Masyarakat yang hadir apada acara Yapen Spirit dapat berkeliling melihat stand-stand Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang telah tersedia dan juga dapat mengikuti acara yang akan dilaksanakan pada panggung utama, Pameran UMKM Lokal diikuti oleh semua pelaku usaha UMKM Lokal yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Yapen, produk-produk UMKM nantinya akan dipamerakan dan dijual pada stand-stand yang telah disediakan oleh panitia,”tambahnya.

Selain pameran UMKM Lokal, Yanes Yowei katakan, ada pula kegiatan lainnya seperti konser musik beberapa genre music yang akan ditampilkan yaitu genre music daerah, reggae, rap dan pop, dengan menampilkan penyanyi-penyanyi berbakat dari kabupaten Kepulauan Yapen serta lagu-lagu daerah sehingga nilai budaya dari music daerah sendiri dapat dipertahankan.

Konsep acara lainnya yang akan dilaksanakan yaitu kelas inspirasi, dengan konsep acara adalah sharing session dari berbagai sector pekerjaan dengan tujuan bagaimana menginspirasi anak-anak yang masih bersekolah untuk tetap tekun belajar agar bisa menggapai cita-cita yang diimpikan.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here